#1HariIni : A-Ha – Take On Me

Dinyanyikan oleh band synthpop Norwegia, A-ha. Diambil dari album perdana, Hunting High and Low (1985). Di Amerika Serikat, lagu ini menjadi nomor satu pada Oktober 1985, satu-satunya lagu mereka yang meraih posisi pertama di Billboard Hot 100. #1 di Eurochart Hot 100 selama sembilan pekan.

Ditulis oleh mereka sendiri, versi aslinya diproduseri Tony Mansfield dan diremix oleh John Ratcliff. Versi kedua diproduseri Alan Tarney yang masuk dalam album debut, Hunting High and Low (1985). Menggabungkan genre synthpop dengan variasi instrumen seperti gitar akustik, keyboard dan drum.

Tahukah Bujang Dare, versi pertama lagu ini ditulis dan direkam pada 1982 dengan judul “Lesson One”. Memiliki lirik berbeda tapi dengan basic keyboard yang sama. Di 1983, lagu ini mendapat perhatian dari veteran industri musik, Terry Slater, yang kemudian menjadi manajer dan memberi jalan mereka mendapat kontrak rekaman dengan Warner Bros Records.

Menulis kembali lagu yang kemudian mereka beri judul “Take On Me” dan direkam bersama produser Tony Mansfield. Dirilis sebagai single hanya di Eropa, dan meraih posisi ketiga di negara asal mereka, Norwegia, dan sayangnya tidak masuk tangga lagu manapun lagi. Video klip versi produser Tony ini tidak cukup membuat mereka dikenal.

Merekam ulang lagu tersebut, kali ini bersama produser Alan Tarney, yang menyarankan untuk menambah instrumen dan energi. Di saat yang sama, produser eksekutif rekaman, Jeff Ayeroff pindah dari A&M ke Warner Bros Records, dan senang dengan lagu ini.

Dari Jeff jugalah, ia menunjuk Steve Barron, sutradara “Dont You Want Me” The Human League, “Karma Chameleon” dan “Billie Jean” Michael Jackson. Warner Bros melakukan promosi mulai dari menayangkannya di bioskop sebelum film dimulai dan tentu saja MTV. Saat diputar MTV, radio mulai memutarkan lagu ini dan mulai Agustus 1985 masuk Billboard Top 40, naik ke #1 pada Oktober 1985.

Menggunakan metode animasi sketsa pensil, disebut rotoscoping, digabungkan dengan live action. Dibuat oleh Michael Patterson dan isterinya, Candace Reckinger, mereka juga mengerjakan yang sama untuk video “Opposites Attract”, “Luka” dan “Impulsive”. Memenangkan enam penghargaan dan dinominasikan dua kategori lain dalam MTV Video Music Awards 1986.

A-ha adalah trio Norwegia beranggotakan Morten Harket (vokal), Pal Waaktaar (gitar) dan Mags Furuholmen (keyboard). Furuholmen memilih nama A-ha sebagai nama band karena menurutnya ini adalah seruan sederhana yang diketahui orang diseluruh dunia.