#1HariIni: Joan Osborne – One of Us

“One of Us” dari Joan Osborne menjadi lagu nomor satu hari ini di tangga lagu ARIA Australia pada 1995. Lagu ini pernah muncul di serial televisi, Joan of Arcadia dan film Bruce Almighty.

“One of Us”, ditulis Eric Bazilian (The Hooters) dan dinyanyikan Joan Osborne. Dirilis pada Maret 1995 dari album “Relish” dan diproduseri Rick Chertoff. Hits Top 40 pada November 1995 di Amerika Serikat. Mengambil sampel lagu “In My Life” dari The Beatles.

Pada versi album, empat baris lirik pertama lagu “One of Us” diawali dengan “The Aeroplane Ride” dari folklorist Alan Lomax dan isterinya Elizabeth dibuat pada 1937 sebagai arsip American Folk Song di Perpustakaan Kongres. Selain itu, disertakan lagu Gospel “Heaven’s Airplane” yang dinyanyikan Mrs. Nell Hampton.

Dinominasikan untuk Best Female Pop Vocal Performance, Record of the Year, Song of the Year dan Best New Artist untuk Joan.

Menurut Eric, penulis lagu, lagu “One of Us” menceritakan tentang sesuatu yang terjadi pada siapapun dan dapat mengubah pandangan terhadap apapun. Tahukah Bujang Dare, lagu ini ditulis setelah Eric dan isterinya menyaksikan dokumenter “The Making of Sgt. Pepper” di televisi.

Mendiang musisi Prince, pernah menyanyikan kembali lagu ini pada album Emancipation. Hanya saja, ia mengganti lirik “Just a slob like one of us” menjadi “Just a slave like one of us” sebagai sindirannya karena tidak berhak memiliki musiknya sendiri saat bersama label Warner Brothers