Browse By

#1HariIni : Kenny Loggins – Footloose

“Footloose”, dinyanyikan penyanyi-penulis lagu Kenny Loggins dan ditulis bersama Dean Pitchford. Dirilis Januari 1984 sebagai dua single dari film berjudul sama, lagu lainnya adalah “I’m Free (Heaven Helps the Man)”. “Footlose” menjadi lagu nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100 selama tiga pekan, oleh Billboard lagu ini di peringkat keempat terlaris sepanjang 1984.

Sangat diterima dengan baik dan menjadi lagu yang paling diingat dari Kenny Loggins. American Film Institute menempatkan lagu ini di posisi ke 96 dalam “100 Years…100 Songs”.

Dinominasikan Academy Award kategori Best Original Song pada 1985, namun kalah dan dimenangkan Stevie Wonder untuk lagu “I Just Called to Say I Love You” dalam film “The Woman in Red”.

Kenny Loggins populer sebelumnya dengan hits “I’m Alright” dan “Don’t Fight It” yang ditulis bersama Dean Pitchford dan Steve Perry. Terdapat 9 lagu dalam film Footloose, 4 diantaranya masuk Top 40 Amerika Serikat, seperti “Footloose”, “Let’s Hear It for the Boy” (juga di #1 dinyanyikan Denice Williams), “Holding Out for A Hero” (Bonnie Tyler) dan “Dancing in the Sheets” (Shalamar).

Dirilis beberapa pekan sebelum film dan video klipnya memakai beberapa scene dalam film, sering diputar di MTV yang membuat banyak orang semakin menantikan filmnya. Saat film dirilis, lagunya sudah masuk Top 40 dan menjadi #1 pada 31 Maret 1984. MTV menjadi kunci penting dalam pemasaran film, studio film lainnya mengikuti pola yang sama.