#1HariIni: Lionel Richie – Hello

#1HariIni, Lionel Richie – HelloSingle ketiga dari album solo kedua Lionel Richie, Can’t Slow Down. Dirilis pada 1984 dan meraih posisi pertama di UK selama enam pekan. Paling dikenal dan diingat banyak orang adalah lirik “Hello, is it me you’re looking for?”.

Menariknya lagu ini menjadi nomor satu di tiga tangga lagu Billboard, yaitu tangga lagu pop selama dua pekan, tangga lagu R&B selama tiga pekan dan tangga lagu adult contemporary selama enam pekan.

Sempat tersandung masalah hukum yang dilakukan penulis lagu, Marjorie Hoffman White yang menyebut Lionel memplagiat komposisi lagunya “I’m Not Ready to Go”.

Tahukah Bujang Dare, Lirik “Hello, is it me you’re looking for?”, diucapkan tidak sengaja oleh Lionel saat Jesse Anthony Carmichael, arranger dan produser, mengunjunginya. Lionel menyapanya dengan kalimat tersebut dan Jesse langsung memintanya Lionel untuk menyelesaikan menjadi lagu.

Memasuki tahun 2015, Adele merilis lagu berjudul sama dari album 25, dan meski kedua lagu tersebut tidak ada hubungannya, nyatanya banyak dibicarakan orang. Di internet banyak meme muncul, bahkan ada yang menyebut “Saat lagu Hello diputar, sebenarnya akan menentukan dari era mana seseorang. Apakah era 80an atau 2010an”.