#1HariIni Madonna – Vogue

Sebagai single pertama dari album I’m Breathless (1990) yang dirilis pada 20 Maret 1990. Madonna terinspirasi dari penari vogue dan koreografer Jose Gutierez Xtravaganza dan Luis Xtravaganza dari komunitas Harlem “House Ball”, awal tarian ini berasal, dan mereka memperkenalkan “Vogueing” pada Madona di klub Sound Factory, New York.

“Vogueing” adalah gaya tarian dansa populer di komunitas gay dimana penari menggabungkan gestur tangan dan dalam beberapa waktu akan berhenti untuk melakukan pose.

Lagu up beat dance-pop, house yang menjadi tren musik dansa di 1990an. Meski lagu ini lebih banyak dipengaruhi disko 1970an. Terdapat bagian dimana penyanyi menyebut selebriti era emas Hollywood, seperti Ginger Rogers, Fred Astaire dan Jean Harlow.

Vogue, telah banyak mendapat apresiasi sejak dirilis, kritikus memberikan pujian terhadap lagu ini dan Madonna masuk dalam daftar penyanyi dengan karir menjanjikan di masa depan. Secara komersil, lagu ini menjadi salah satu hits internasional terbaiknya, menjadi nomor satu lebih dari 30 negara, seperti Australia, Kanada, Jepang, UK dan Amerika Serikat. Dengan terjual lebih dari 6 juta kopi, lagu ini menjadi lagu dengan penjualan terbaik di dunia pada 1990.

David Fincher, sutradara video klip ini, dengan latar hitam dan putih yang terinspirasi dari tahun 1920an dan 1930an. Madonna dan penarinya terlihat “voguing” dalam beberapa koreografi berbeda. Kritikus mencatat bahwa Madonna menggunakan pengaruh postmodern nya untuk mengekspos subkultur “underground” ke publik. Menjadi video klip terbaik sepanjang masa oleh yang diakui oleh beberapa kritikus musik dan dalam poling. Memenangkan 3 dari 9 nominasi di MTV Video Music Awards 1990.

Akhir 1989, setelah album “Like a Prayer” dengan 3 single hits seperti “Express Yourself”, “Cherish” dan “Dear Jessie”. Single keempatnya, “Oh Father” berada di peringkat 20. Merasa yakin bahwa jika dirilis single “Keep It Together” akan memperbaiki posisinya di tangga lagu, Madonna dan produser Shep Pettibone (DJ di klub Sound Factory) memutuskan untuk melakukan komposisi lagu baru yang akan diletakkan di sisi lain “Keep It Together” dan memproduseri “Vogue”. Baik lagu dan video klipnya terinspirasi dari tarian dengan nama yang sama, dibawakan di klub New York. Tarian ini menampilkan penari dengan menggunakan gestur tangan kompleks, pose tubuh dan gerakan meniru bintang Hollywood favorit, termasuk model cover majalah Vogue.

Setelah menunjukkan lagu tersebut ke eksekutif Warner Bross, mereka memutuskan bahwa lagu ini terlalu bagus untuk dipasang di side B dan harus dirilis sebagai single.