#1HariIni: Oasis – Some Might Say

“Some Might Say” menjadi single nomor satu pertama Oasis di tangga lagu UK pada 1995. Pertama rilis di 24 April 1995 dari album kedua, (What’s the Story) Morning Glory?. Tahukah Bujang Dare, terdapat banner di Stadion Etihad, Manchester yang bertuliskan “Some might say we will find a brighter day”, dikutip dari single ini.

Ditulis oleh gitaris utama Oasis, Noel Gallagher. Pertama ditulis setelah pindah ke London dari Manchester. Saat menulis, ia banyak mendengarkan The Faces dan menjadi inspirasinya menulis “Some Might Say”. Menjadi single dengan penjualan terbaik ke-31 sepanjang 1995 di UK.

Selain di album (What’s the Story) Morning Glory?, single ini juga ada dalam booklet mini album, Stop the Clocks. Satu-satunya single Oasis yang secara resmi masuk album mini.

Single terakhir mereka bersama drummer pertama, Tony McCarroll. Ia mundur dari band sebelum sesi rekaman album kedua selesai ditambah dengan masalahnya bersama Gallagher bersaudara. Posisi drummer untuk lagu lainnya dikerjakan Alan White.

“Some Might Say” menjadi satu-satunya lagu di album kedua yang dibuat rekaman demonya oleh Noel. Ia rekam bersama produser Owen Morris yang saat itu sedang di Wales mengerjakan album A Northern Soul milik the Verve. Noel bahkan memainkan gitar, bass, dan drum sendiri. Noel memainkan demo lagu tersebut kepada rekan band dan merekam ulang seluruhnya dengan mempercepat tempo. Versi demo berdurasi 6:47 sedangkan versi rekaman ulang berdurasi 5:28.

Menurut Noel, ia lebih senang dengan versi demo daripada versi rekaman ulang. Menggambarkan versi demo sebagai “dirtier and sleazier” dibanding versi rekaman ulang yang lebih britpop. Versi demo kemudian menjadi track bonus untuk single CD yang hanya dirilis di Jepang.