Browse By

#1HariIni: Roxette – Joyride

Single “Joyride” dari duo Swedia, Roxette, adalah nomor satu di ARIA Australia pada 1991. Selain di Australia, single ini juga sukses di Eropa, Kanada dan Amerika Serikat.

“Joyride” dipopulerkan oleh duo Swedia, Roxette, ditulis oleh Per Gessle, dirilis sebagai single pertama dari album ketiga, Joyride (1991). Album ini menyusul album sukses kedua mereka, Look Sharp! (1988).

“Joyride” menjadi salah satu hits tersukses Roxette dan tersukses sepanjang tahun 1991 dengan menjadi nomor satu di Austria, Belanda, Finlandia, Norwegia, Spanyol, Swiss, Kanada, dan Amerika Serikat.

Penulis lagu, Per Gessle menyebutkan bagian awal lagu “Joyride” terinspirasi dari catatan yang dibuat kekasihnya (sekarang isterinya) di piano yang dalam bahasa Inggris “Hello, you fool, I love you”. Mantan manajer tur the Beatles, Dave Edwards juga mendapat kredit di lagu ini. Judul “Joyride” diperoleh setelah Paul McCartney menyarankan untuk menulis lagu bersama John Lennon dengan “a long joyride”.

“Joyride” menjadi satu dari hits terbaik mereka, dan satu dari single tersukses sepanjang 1991. “Joyride” menjadi single nomor satu pertama mereka di Swedia, negara asal dan pertama meraih sertifikat platinum.

Nomor satu di ARIA Australia selama tiga pekan, menerima sertifikat platinum dengan penjualan melebihi 70.000 copy. “Joyride” sebagai Top 10 single dengan penjualan terbaik di Australia sepanjang 1991.