Browse By

#1HariIni Seal – Kiss From A Rose

seal

Dirilis pertama sebagai single pada Juli 1994 dari album Seal II , kemudian dirilis ulang di 1995 dalam soundtrack film Batman Forever, membuatnya menjadi nomor satu di Australia dan Amerika Serikat. Memenangkan Grammy Awards untuk kategori Record of the Year, Song of the Year dan Best Male Pop Vocal Performance.

“Kiss From A Rose” ditulis pada 1988, saat ia masih berada di Kensal Green, London. Saat itu ia belum mendapat kontrak rekaman sehingga menurutnya belum banyak mendapat tekanan. Ia juga tidak tahu memainkan instrumen apapun, sehingga ia mencoba menulis dan merekam lagu di rekaman kaset sebagai coba-coba. Menurut Seal, setelah menulis lagu tersebut ia merasa malu dan membuang rekamannya. Seal bahkan tidak memberikannya pada produser Trevor Hunt, sampai sesi rekaman album Seal II dimulai. Dalam wawancara di 2015, Seal menyebut bahwa sejujurnya ia tidak pernah senang dengan apa yang ia tulis tersebut, meski senang dengan yang dilakukan Trevor sebagai produser. Menurutnya, Trevor mengubah rekaman tersebut menjadi lagu yang terjual lebih dari 8 juta copy dan membuat ia terkenal.

Ini adalah single kedua dari soundtrack film Batman Forever dan menjadi nomor satu di Australia dan Billboard pada Agustus 1995. Nomor empat di UK, awalnya di posisi ke 20 pada rilisan pertama di 1994, namun setelah menjadi soundtrack film, naik ke posisi empat.

Memenangkan MTV Movie Award 1996 untuk Best Song from A Movie.

Tahukah Bujang Dare, bahwa lagu tersebut sebenarnya sesaat setelah dirilis langsung keluar dari tangga lagu. Oleh sutradara film, Joel Schumacher meminta pada Seal, bahwa lagu tersebut cocok diputar di film Batman Forever di adegan Nicole Kidman dan Val Kilmer bersama. Meski lagu tersebut tidak ada hubungannya dengan adegan di film, tapi tetap dipakai dan diputar di bagian kredit akhir.

(Febi)