#1HariIni : Silverchair – Tomorrow

Posisi pertama tangga lagu ARIA pekan terakhir Oktober 1994 diraih band rock Australia, Silverchair dengan lagu “Tomorrow”. Dirilis dari mini album debut, Tomorrow, dan album perdana, Frogstomp (1995). Lagu ini berada di posisi teratas selama enam pekan berturut-turut. Memenangkan ARIA Music Award 1995 kategori Single of the Year, Highest Selling Single dan Breakthrough Artist-Single.

Lagu ini ditulis oleh lead vokalis, lead gitaris band dan front man, Daniel Johns dan drummer-perkusionis band, Ben Gillies. Diproduseri oleh Phil McKellar di stasiun radio nasional, studio Triple J. Lagu ini dibuat untuk ditayangkan di acara SBS-TV, Nomad, tayang pada 16 Juni 1994. Setelah ditayangkan, mereka bergabung dengan label Murmur dan merilis mini album pertama.

Ini adalah hits breakthrough Silverchair, selain di ARIA, versi rekaman ulangnya yang rilis setahun berikutnya ada di posisi pertama Billboard Modern Rock Tracks, posisi ke-28 di Billboard Hot 100. Di UK, lagu ini menempati posisi ke-59 UK Singles Chart pada September 1995.

Silverchair beranggotakan Daniel Johns (lead vokal, lead gitar), Ben Gillies (drum, perkusi) dan Chris Joannou (bass). Awalnya mereka tampil dengan nama Innocent Criminals, mengikuti kompetisi band YouthRock di 1994. Awal tahun 1994, mereka merekam demo “Acid Rain”, “Cicada”, “Pure Massacre” dan “Tomorrow” di Studio Platinum Sound.

April 1994, mereka memenangkan kompetisi band nasional, Pick Me, dengan demo lagu “Tomorrow”. Kompetisi ini ditayangkan oleh TV SBS dalam program Nomad dan juga disiarkan stasiun radio alternative Australian Broadcasting Corporation, Triple J.

Sebagai hadiah, mereka dapat merekam ulang lagu tersebut di studio Triple J, divideokan oleh ABC dan ditayangkan pada 16 Juni 1994. Disaat inilah mereka mengganti nama mereka menjadi Silverchair. Video klip pertama ini disutradarai Kerry Negara.

Versi rekaman ulang dan video klip baru “Tomorrow” dirilis ulang di 1995 untuk pasar Amerika Serikat. Video tersebut disutradarai Mark Pellington. Versi baru tersebut disebut sangat mirip dengan video klip “Jeremy” milik Pearl Jam, yang juga disutradarai Mark. Video klipnya cukup sering ditayangkan di MTV yang selanjutnya menjadi sering diputar di radio rock modern Amerika Serikat pada 1995.