#1HariIni: Simple Minds – Don’t You (Forget About Me)

Senang dengan film The Breakfast Club, pasti ingat dengan soundtrack filmnya, “Don’t You (Forget About Me)” yang dipopulerkan Simple Minds menjadi lagu nomor satu hari ini di tangga lagu Billboard Hot 100 1985.

Paling diingat karena diputar sebagai pembuka dan penutup film populer John Hughes, the Breakfast Club.

Ditulis dan diproduseri Keith Forsey dan Steve Schiff. Keith dan Steve awalnya meminta The Fixx, Bryan Ferry, dan Billy Idol untuk membawakan lagu tersebut. Tapi, ketiganya menolak.

Mereka kemudian meminta Simple Minds, meski sempat ditolak, namun akhirnya setuju untuk menyanyikannya setelah sepakat dengan label rekaman Simple Minds, A&M.

Simple Minds awalnya menolak karena mereka hanya akan merekam materi lagu yang dibuat sendiri. Berubah pikiran setelah mendapat saran dari Chrissie Hynde, istri frontman band Jim Kerr, dan telepon dari Keith yang menyebut betapa ia mengagumi mereka.

“Don’t You (Forget About Me)” sukses komersil seiring dengan suksesnya film The Breakfast Club. Menjadi nomor satu di Billboard Amerika Serikat dan banyak negara lainnya.

Terdapat dua versi berbeda, versi pendek berdurasi 4:23 sebagai single dan soundtrack dalam album The Breakfast Club. Versi kedua berdurasi 6:23 sebagai single dalam piringan hitam 12″.