#1HariIni Sinead O Connor – Nothing Compares 2 U

Lagu yang aslinya ditulis dan komposisinya dibuat oleh Prince untuk projectnya, The Family. Kemudian terkenal setelah artis asal Irlandia, Sinead O’ Connor membawakan lagu tersebut dari album kedua, I Do Not Want What I Haven’t Got. Sinead memproduseri lagu ini bersama Nelle Hooper dan menjadi lagu yang populer di dunia pada 1990. Vide klipnya disebut sebagai ikonik dan sering diputar MTV. Berawal dari ide manager Sinead, Fachta O’ Kelly yang menyarankan Sinead untuk membawakan kembali lagu Prince.

The Family, band funk yang dibentuk Prince pada 1985 merilis album pertama dan satu-satunya, The Family. Bergabung dengan label Prince, Paisley Park. Prince menulis lagu ini setelah mengetahui temannya yang berpisah dengan kekasihnya. The Family dibentuk dari mantan anggota The Time. “Nothing Compares 2 U” terdapat dalam album tersebut namun tidak dirilis sebagai single. Penggunaan “2 U” pada lagu, sangat Prince, sebelumnya ia pernah menulis lagu “I Would Die 4 U” dan “If I Love U 2 Nite”.

Posisi pertama lagu ini tidak hanya di negara asal Sinead saja, Irlandia, juga di Australia, Austria, Kanada, Jerman, Meksikp, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, Swiss, UK dan Amerika Serikat. Sinead menerima sertifikat platinum di Austria, UK, Amerika Serikat dan sertifikat emas di Jerman dan Swedia. Empat pekan di posisi pertama Billboard Hot 100, posisi pertama di Billboard Alternative Songs dan posisi kedua di Billboard Adult Contemporary. Lagu ketiga dengan penjualan terbaik pada 1990. Dengan lagu ini, album I Do Not Want What I Haven’t Got menjadi album nomor satu pada Billboard 200 selama 6 pekan berturut-turut.

Sinead merilis album pertama pada 1987, cukup sering diputar di radio-radio kampus dan mulai bermunculan basis penggemarnya. Dengan “Nothing Compares 2 U”, sukses membuat namanya kian dikenal, tapi justru membuatnya merasa terganggu. Sinead mengklaim bahwa ia membenci lagu yang membuatnya sukses tersebut dan terganggu dengan komersialisasi musiknya. Lagu ini memenangkan Grammy untuk Best Alternative Performance, namun Sinead menolak hadir di acara tersebut sebagai bentuk protes.

Sutradara video klip ini, tadinya banyak mengambil gambar sekitar Paris untuk video klip, tapi kemudian diganti dengan hanya mengambil gambar Sinead yang sedang bernyanyi. Ini adalah kali pertama publik melihat seperti apa Sinead dan terkejut karena ia tampil botak. Ia mencukur rambutnya ketika pertama merekam album dan dilakukannya sebagai bentuk pernyataan dan tidak ingin diketahui karena kecantikannya. Sinead menangis dalam video klip tersebut, dan itu adalah sungguhan, disampaikannya dalam Rolling Stone edisi Top 500 Songs. Ia benar-benar menangis karena lirik lagu ini mengingatkannya pada ibunya, yang tewas karena kecelakaan mobil pada 1985.

Ini menjadi hits terakhir dari Sinead, dan perbuatannya cukup menuai kontroversi seperti menolak lagu kebangsaan dimainkan sebelum konser di New Jersey sampai merobek gambar Paus pada acara Saturday Night Live.

Pernah dibawakan Aretha Franklin untuk album cover 2014nya, Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics. Versi Aretha diproduseri Andre 3000.

Maret 2015, Sinead mengumumkan bahwa ia tidak akan pernah lagi membawakan lagu ini.

Siapa sangka bahwa “Nothing Compares 2 U” yang sukses dinyanyikan Sinead O’Connor ini aslinya dibawakan The Family, proyek band Prince di 1985. #1HariIni

Masih banyak hal yang perlu Bujang Dare ketahui mengenai lagu ini di #Yesterhits.