#1HariIni Tina Turner – We Don’t Need Another Hero (Thunderdome)

tinaturner
Lagu yang terdapat dalam film Mad Max Beyond Thunderdome (1985) yang dibintangi Tina Turner bersama Mel Gibson. Ditulis oleh Terry Britten dan Graham Lyle. Selain dalam album soundtrack film, lagu ini masuk dalam album multiplatinum Tina, Private Dancer (1985). Dirilis dalam versi vinyl 7” dan versi ekstendednya 12”, di UK dirilis dalam versi CD.

Pada 1986, “We Don’t Need Another Hero (Thunderdome)” ini menerima nominasi Golden Globe kategori “Best Original Song” dan Grammy Award kategori “Best Female Pop Vocal Performance”. Penulis lagu, Terry Britten dan Graham Lyle memenangkan penghargaan Ivor Novello Award kategori “Best Song Musically and Lyrically”.

Dalam lagu, Tina didukung oleh grup paduan suara sebagai penyanyi latar dari King’s House School, Richmond, London. Grup paduan suara tersebut rekaman di studio Abeey Road, Tina tidak hadir dan baru ditambahkan vokalnya di kemudian hari. Asal tahu saja, salah satu anggota grup paduan suara, Lawrence Dallagio, menjadi terkenal bukan di dunia music melainkan olahraga. Ia adalah kapten tim nasional rugby Inggris.

Video klipnya menampilkan Tina berpakaian seperti dalam film, tentu ditampilkan beberapa cuplikan dari filmnya. Bagian akhir video, pemain saksofon, perkusi dan keyboardis Tina, Timmy Capello dan grup paduan suara tampil menemani Tina. Video ini menerima nominasi Best Female Video di MTV Video Music Award.

“We Don’t Need Another Hero (Thunderdome)” adalah hits terpopuler Tina di seluruh dunia. Menjadi lagu nomor dua di Billboard Hot 100, dibawah lagu “St. Elmo’s Fire (Man in Motion) dari John Parr, nomor tiga di UK dan nomor satu di Australia, Kanada, Spanyol, Jerman dan Swiss.

(Febi)