#1HariIni : Van Halen – Jump

Band rock, Van Halen merilis “Jump” dari album 1984 dan menjadi nomor satu di Billboard Hot 100, pertama dan satu-satunya saat Van Halen bersama David Lee Roth sebagai vokalis utama.

Berbeda dengan lagu-lagu awal Van Halen, pada “Jump”, Eddie Van Halen memainkan synthesizer Oberheim OB-Xa, meski masih memainkan gitar. Eddie adalah pianis klasik terlatih sampai remaja saat ia mengenal gitar.

Permainan synthesizer sempat ditolak David karena menurutnya terlihat seperti Van Halen ingin lebih sering terdengar di radio. Memakai synthesizer dibandingkan gitar sebagai instrumen utama dianggap sangat berpengaruh terhadap musik Van Halen.

Awal 1981, Eddie menulis dengan iringan keyboard yang kelak akan menjadi “Jump”. David tidak senang dengan Eddie memainkannya dengan keyboard. Sampai Eddie mendirikan studio rekaman sendiri dan merekamnya bersama Ted Templeman. Saat seluruh band mendengarnya, mereka memutuskan memasukkannya ke album “1984”. Sempat muncul rumor inilah yang membuat David kemudian keluar dari band.

Album 1984 dirilis pada 9 Januari 1984, mengakhiri rilisan satu album setiap tahun yang dilakukan Van Halen sejak 1978.