#1HariIni : Whitney Houston – Exhale (Shoop Shoop)

Whitney Houston menempati posisi pertama di Billboard hari ini di 1995 dengan lagu “Exhale (Shoop Shoop)”. Lagu ini terdapat dalam film Waiting to Exhale, yang juga dibintangi oleh Whitney. Awalnya lagu ini menempati posisi kedua selama 11 pekan kemudian naik ke posisi pertama selama 1 pekan.

Dalam sejarah Billboard, ini adalah single kesebelas dan terakhir yang menempati posisi nomor satu. Selain di AS, juga di Kanada dan Spanyol. Di Grammy Award 1997 memenangkan satu kategori, Best R&B Song. Dinominasikan dalam kategori Song of the Year, Best Female R&B Vocal Performance dan Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media.

Pada 1994, Whitney bergabung dengan 20th Century Fox memerankan tokoh Savannah Jackson dalam film Waiting to Exhale, diadaptasi dari novel dengan judul sama oleh Terry McMillan. Whitney awalnya menyatakan tidak ada ketertarikan untuk mengisi soundtrack film, menurutnya ia ingin fokus di akting dalam film ini saja.

Sutradara film, Forest Whitaker kemudian mengajak Kenneth “Babyface” Edmonds untuk skoring film dan soundtrack. Babyface sempat datang ke lokasi syuting dan mencoba meyakinkannya untuk mengisi soundtrack film tapi tetap ditolak Whitney. Namun, Whitney kemudian menyetujuinya setelah Babyface memainkan salah satu lagu dan Whitney menyukainya.

Sebagai penulis lagu, Babyface tadinya ingin memberi judul lagunya “The Shoop Shoop Song”, namun sudah pernah dibawakan dengan judul yang sama oleh Betty Everett. Sehingga Babyface menempatkan “Shoop Shoop” dalam tanda kurung.