Mau Jadi Penyiar?

We are looking for a new personality on air!

Seperti yang sempat Bujang Dare dengar di radio, mungkin juga bisik-bisik gosip teman sekantor… ya, Radio Volare memang sedang mencari penyiar. Secara spesifik, penyiar yang hendak kami tempatkan di dalam program Lepas Landas. Seperti apakah peryaratan umumnya?

  • Pendidikan terakhir S1 (baik sudah lulus maupun belum) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan daftar nilai terakhir
  • Komunikatif, ramah  dan supel menghadapi lawan bicara
  • Senang membaca dan menguasai kosa kata yang beragam
  • Rajin mengikuti perkembangan kejadian terkini melalui media massa
Lamaran yang dikirimkan berisi:
  • Surat lamaran
  • Curriculum Vitae
  • Salinan ijazah dan daftar nilai terakhir
  • Rekaman suara dalam CD sepanjang 15-30 menit
  • Naskah siaran yang dibawakan
  • Salinan dokumen lain yang relevan dan mendukung
Kirimkan lamaran ke Rekrutmen Penyiar Lepas Landas Radio Volare Jl. Sumatera No. 28 Pontianak paling lambat  20 November 2010 FAQ (Frequently Asked Question)
  1. Lamaran boleh dikirim via pos? Boleh. Namun lebih baik diantar langsung tidak lewat dari tanggal yang ditentukan. Lewat e-mail volarefm1034@yahoo.com juga boleh. Berkas asli bisa dibawa jika dipanggil untuk wawancara.
  2. Foto ukuran berapa? Kami tidak butuh pasfoto. Kami hanya perlu mengenali wajah Anda. Lebih baik Anda mencetak langsung foto terbaru di halaman CV, ketimbang melampirkan pasfoto zaman SMA.
  3. Naskah siaran itu boleh dambil dari media massa? Ya, tentu saja. Lepas Landas adalah program radio yang mengetengahkan isu terkini di tengah masyarakat, bukan hal yang direka-reka. Namun naskah hendaknya dibuat sesuai kebutuhan untuk bersiaran, bukan sekedar salin-tempel berita dari media. Untuk memastikan seperti apa yang harus ditulis, simak Lepas Landas dari Senin-Kamis, pukul 7-9 pagi.
  4. Saya pernah siaran di radio lain, boleh melamar? Boleh. Kualitas personal Andalah yang dinilai, bukan karena pernah/belum bersiaran sebelumnya.
  5. Kalau begitu, bolehkah saya membawakan acara yang pernah saya bawakan untuk contoh suara? Tidak. Baca lagi persyaratan di atas.
  6. Apakah contoh vokal perlu diselingi lagu? Tidak. Tapi sebutkan judul lagu yang ingin Anda setel saat membawakannya.
  7. Apakah jadi penyiar di Volare harus bisa berbahasa Inggris? Ya. Mau tak mau. Mayoritas lagu yang diudarakan di Volare adalah lagu barat, setidaknya penyiar harus mampu menyebut judul lagu dan penyanyinya dengan baik dan benar untuk panduan bagi pendengar. Sebagai radio yang berusaha terdepan dalam musik, penyiar akan menemukan banyak sumber informasi yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi jangan kuatir, bukan berarti kami mencari orang yang sudah cas cis cus dalam percakapan bahasa Inggris. Dengan penguasaan grammar dan vocabulary yang cukup, seharusnya punya kepercayaan diri untuk mengirimkan lamaran.
  8. Saya rasa saya punya kemampuan yang dibutuhkan Volare, tetapi saya tidak bisa bersiaran di pagi hari, bagaimana? Coba lagi lain waktu.
  9. Saya sudah bekerja di tempat lain, bolehkah? Selama Anda tidak bekerja di stasiun radio lain, tidak masalah asal Anda bisa komitmen dengan jam kerja.
  10. Saya tertarik untuk melamar, tetapi saya kurang menyukai lagu barat. Apakah ini akan menjadi masalah? Seharusnya tidak, jika Anda seseorang yang berpikiran terbuka. Anda akan bisa melakukan adaptasi nantinya.
  11. Perlukah saya mencantumkan alamat situs jejaring sosial dan blog saya? Tidak harus. Namun jika Anda mempunyai kualitas tulisan yang baik, memberikan kami kesempatan untuk membacanya bisa menjadi nilai plus.
Pertanyaan lain bisa diajukan dengan menuliskan komentar di bawah. Siap bergabung bersama kami?
volareMau Jadi Penyiar?

One Comment on ““Mau Jadi Penyiar?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *