Warta 3  - 18 April 2012

Dinas Kesehatan Kota Pontianak menggelar “Sosialisasi dan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” di tingkat rumah tangga. Kegiatan ini bertempat di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar yang diikuti oleh 100 kader dari 29 kelurahan di kota Pontianak.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Dadang Fitrijaya mengatakan dengan “Sosialisasi dan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” ini diharapkan 100 kader itu bisa menjadi perantara untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat di setiap kelurahan. Hal ini mengingat PHBS berkaitan erat dengan perilaku dan gaya hidup masyarakat itu sendiri. Seperti tidak merokok, olahraga, menggunakan fasilitas kesehatan setempat dan lain sebagainya.

Dikatakan Dadang, sosialisasi ini sangat efektif dalam mengubah perilaku kurang sehat masyarakat. Meskipun di Kota Pontianak ini dilakukan yang kedua kalinya. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya perilaku hidup bersih dan sehat di setiap kelurahan yaitu dari 15 persen menjadi 40 persen.

Dadang menambahkan dari hasil evaluasi Dinkes yang menujukan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat, maka Dinkes sangat berharap kepada para kader yang dilatih ini agar lebih aktif terutama dalam mencegah penyakit lingkungan seperti Demam Berdarah Dengue.