BLH Kota Pontianak Lakukan Pengujian Kualitas Air

Warta 3 – 7 Mei 2012

Terkait dengan keberadaan air yang mulai tercemar di Kota Pontianak, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak melakukan pengujian sampel air yang diambil dari parit-parit, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Sungai  yang ada di Kota Pontianak.

Menurut Kepala Sub Unit Pengendalian Lingkungan Hidup BLH Kota Pontianak, Sahara menjelaskan, pengambilan sampel air parit dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Pontianak. Di Kecamatan Pontianak Barat ada 12 titik yang diambil untuk sampel penelitian, Kecamatan Pontainak Kota sebanyak 12 titik, Kecamatan Pontianak Selatan sebanyak 12 titik, Kecamatan Pontianak Tenggara sebanyak  10 titik, Kecamatan Pontianak Timur sebanyak 13 titik dan Kecamatan Pontianak Utara sebanyak 15 titik. 

Lebih lanjut Sahara mengatakan, untuk mengukur kualitas air di Tempat Pembuangan Akhir, BLH Kota Pontianak telah membuat sumur pantau untuk memantau tingkat pencemaran. Di TPA sendiri, BLH Kota Pontianak berkoordinasi dengan PDAM Kota Pontianak telah menyiapkan 15 titik sumur pantau di TPA yang ada di Kota Pontianak.

Selain itu, pengujian terhadap kualitas air juga dilakukan di Sungai Kapuas, Sungai Landak dan beberapa anak sungai. Di Sungai Kapuas sendiri ada 6 titik sampel air yang diambil, di Sungai Landak ada 6 titik dan di cabang anak sungai di kawasan Sungai Raya ada 6 titik.

 

timwartaBLH Kota Pontianak Lakukan Pengujian Kualitas Air