Dinas Pendidikan Kalbar: Kuota Tunjangan Guru Terpencil Terbatas

Warta 3 – 15 Oktober 2012

Beberapa waktu lalu ratusan guru dari Kabupaten Sekadau mendatangi gedung DPRD Kalimantan Barat. Tujuan kedatangan mereka untuk menuntut tunjangan daerah terpencil. Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi  Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Maliki mengatakan, kuota guru yang diberikan tunjangan daerah terpencil itu terbatas.

Berdasarkan data tunjangan guru tahun 2012, kuota tunjangan khusus untuk kebutuhan Kabupaten Sekadau sebanyak 315 orang. Sementara, kuota dana anggarannya hanya untuk 92 orang saja dan sudah diberikan sejak enam bulan terakhir. Maliki mengungkapkan, selain mengharapkan dana dekonsentrasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, pemerintah kabupaten/kota juga dapat membantu melalui sharing dalam mengalokasikan dana di APBD. 

Ia menambahkan, rencana sharing dana tersebut diperuntukkan bagi guru yang mengajar di wilayah perbatasan. Melalui tunjangan khusus daerah perbatasan bagi lima kabupaten/kota dan 15 kecamatan di Kalbar. Akan tetapi, Pemerintah Pusat membuat kebijakan dengan memberikan penghargaan bagi guru yang bertugas di daerah terpencil yang sulit transportasi, komunikasi dan ekonomi. (Dn)

timwartaDinas Pendidikan Kalbar: Kuota Tunjangan Guru Terpencil Terbatas