Trayek Bus Pontianak-Pangkalan Bun Dibuka 2014

Warta 3 – 29 Oktober 2012


Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana untuk membuka trayek bus antara Pontianak dan Pangkalan Bun pada 2014 mendatang. Rencana tersebut seiring dengan rampungnya pengerjaan ruas jalan yang menghubungkan Tayan di Kalbar  dan Pangkalan Bun di Kalteng. 

Kasubdit Jaringan Transportasi Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Made Suartika mengatakan, rencana pembukaan trayek baru tersebut sudah dikaji oleh Kementerian Perhubungan. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalbar pun sudah mengusulkan pembukaan trayek tersebut ke Dirjen Perhubungan Darat. Dan pihaknya berupaya untuk mempercepat realisasi dari trayeknya dan paling lama 2014 nanti sudah beroperasi. 

Pada tahap awal pengoperasian bus Damri nantinya, pemerintah akan melakukan subsidi hingga dinilai layak untuk dijadikan trayek komersil. 

Made Suartika menambahkan, khusus di Kalbar saat ini ada trayek perintis yang melayani beberapa daerah yang memang belum terjangkau atau belum terlayani angkutan umum komersil. Untuk kedepannya beberapa trayek baru akan dikembangkan pemerintah untuk melayani kebutuhan masyarakat akan transportasi darat.

Terhadap jalur perintis tersebut ada skema subsidi yang diberlakukan pemerintah kepada Perum Damri diantaranya trayek Tayan-Ketapang yang baru saja dibuka. Subsidi merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap transportasi warga terpencil sehingga dapat terjangkau angkutan umum.

timwartaTrayek Bus Pontianak-Pangkalan Bun Dibuka 2014