Warta Volare – 3 April 2013

Pembangunan kawasan pangan (food estate) yang dipusatkan di Kabupaten Ketapang akan menjadi pilot projec Kalbar untuk tingkat nasional.

Dengan luas yang baru mencapai 3.000 hektar ini, food estate ini akan menjadi area pangan lokal Kalbar yang bisa menjadi patokan nasional untuk kebutuhan produksi pasokan pangan lokal, khususnya area Kalbar.

Pemerintah Kabupaten Ketapang pun menargetkan 100 ribu hektar luas area foot estate yang kini hanya mencapai 3.000 hektar. Namun, tahun 2013 ini, ditargetkan penambahan areal lahan hingga mencapai 20 ribu hektar.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Ketapang Mahyudin, usai menjadi narasumber dalam rapat koordinasi SKPD se-Kalbar pra musrenbang, tadi siang.

Menurutnya, food estate tidak hanya difokuskan untuk penanaman padi saja tetapi juga akan dibangun sejumlah sarana dan prasarana, hingga memberikan kesempatan bagi para PKL untuk terlibat di area kebun pangan tersebut.

Ia pun optimis kebun pangan ini bisa memenuhi target kebutuhan pangan lokal Kalbar dan nasional. Namun, ia berharap target tersebut harus didukung semua pihak, baik pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Kalbar.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, tapi kita sudah membuka itu dengan menjadikan areal luas kita untuk menjadi food estate. Ke depan, penanganan yang dilakukan lebih baik, sehingga food estate bisa menjadi andalan bagi Kalbar untuk kebutuhan pangannya,” katanya. (SS)