Pemprov Kalbar Sahkan Perda Khusus Pendidikan

WVMerahMuda

Warta Volare – 10 April 2013


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Alexius Akim menyatakan pada tanggal 1 April 2013 yang lalu DPRD Provinsi Kalbar sudah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tempat penyelenggaraan pendidikan di daerah khusus di Kalbar. 

Alexsius Akim menejelaskan daerah-daerah khusus yang termasuk dalam Perda yakni daerah yang terisolir, terputus, kepulauan, pesisir dan perbatasan serta kelompok masyarakat yang kekurangan dari sisi ekonomi, dan ini berlaku untuk Kabupaten Kota yang ada di Kalbar. Menurutnya Perda ini sangat penting untuk Kalbar yang bertujuan agar dunia pendidikan di Kalbar semakin maju khususnya untuk daerah-daerah khusus yang lebih membutuhkan perhatian dibidang pendidikan.

Meskipun Perda ini sudah disahkan namun masih masih banyak hal yang harus dilakukan yakni mensosialisasikannya ke seluruh Kabupaten Kota yang ada di Kalbar,dari sosialisasi tersebut diharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar mendapatkan masukan-masukan, bukan untuk merubah Perda tapi bagaimana menyikapi melakukan, melaksanakan daripada amanah yang tertera di Perda itu. Setelah mendapatkan subangsi dari pemikiran dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kalbar khususnya para penyelenggara pendidikan, pemerhati pendidikan serta stake holder yang berkaitan dengan pendidikan untuk mempersiapkan rancangan dan peraturan Gubernur. 

Ungkapnya rancangan peraturan Gubenur ini nantinya akan diakomodir melalui sosialisasi yang telah dilakukan baik dari Bupati dan Walikota serta stake holder lainnya, yang nantinya akan dijabarkan semua dengan komitmen, peraturan Gubernur ini lah yang nantinye menterjemahkan secara deteil roh dari Perda itu. Kalau Perda itu tidak dilakukan berarti pelanggaran terhadap peraturan daerah dan ini bisa dikenakan sanksi.

Alexius Akim menambahkan target tahun 2013 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan terus melakukan sosialisasi dan diharapkan 2014 mendatang Perda tersebut bisa direalisasikan. (Lnd)

timwartaPemprov Kalbar Sahkan Perda Khusus Pendidikan