30 Persen Siswa SMTI Telah Terserap Perusahaan

 

Warta 3 – 20 Juni 2011

Muhamad Sabri, Kepala Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Pontianak yang ditemui usai acara Wisuda Kelulusan Siswa SMTI di Star Hotel Pontianak mengatakan saat ini 30% dari  139 siswa yang lulus telah diterima bekerja di perusahan-perusahaan yang ada di Kalbar.

Bagi siswa yang belum mendapatkan pekerjaan, Sabri menjelaskan, pihak sekolah siap memfasilitasi siswa tersebut untuk mendapatkan pekerjaan dan saat ini telah ada beberapa perusahaan swasta  yang meminta tenaga kerja terampil terutama untuk perusahaan Pelindo Wilayah Ketapang dan Ngabang.

Lebih lanjut sabri menjelaskan untuk masa tunggu siswa sendiri paling lama hanya 6 bulan, tergantung keaktifan siswa tersebut mendatangi  dan menghubungi sekolah untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan karena pihak sekolah selalu siap untuk mencarikan lowongan tersebut.

Penyerapan tenaga kerja untuk tahun ini mengalami peningkatan 10 persen dari tahun sebelumnya. Ke depannya pihak sekolah akan berusaha meningkatkan kopetensi siswa sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu juga pihak sekolah melakukan kerja sama dengan Papro Internasional dari Belanda untuk mengembangkan kurikulum SMTI, baik dalam bidang kimia industri maupun permesinan.

Saat ini telah ada 5 perusahaan yang mengajukan kerja sama dengan SMTI, dua diantaranya adalah PT Liman Group dan PT Pertambangan Ketapang.