313 Ormas Belum Terdaftar

Warta Volare Edisi 18 Maret 2015

Pontianak – Kantor Kesatuan dan Kebangsaan Masyarakat (Kesbangponlinmas) Kota Pontianak mengimbau organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kota Pontianak untuk segera mendaftarkan organisasinya.

“Organisasi kemasyarakatan harus terdata karena ini tentu mempermudah kita untuk melihat sejauh mana kegiatan organisasi kemasyarakat tersebut,” kata Kepala Kantor Kesbangpolinmas Zulkarnaen, Rabu (18/3) kemarin.

Tercatat, ada sekitar 400 organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Pontianak. Ironisnya, dari jumlah itu, baru 87 organisasi kemasyarakatan yang baru terdata dan terdaftar di Kesbangpolinmas.

“Baru puluhan yang mendaftarkan, sisanya sekitar 313 ormas belum ada. Kita terus berusaha mensosialisasikan pentingnya pendataan organisasi masyarakat ini,” terangnya.

Untuk mendaftar, tidak sulit. Pemilik organisasi hanya diminta melampirkan sejumah syarat standar.

“Kita meminta melampirkan akta pendirian, tempat atau markasnya di mana, ketua, sekretaris dan bendaharanya harus dicantumkan,” paparnya.
 
Setelah itu, kata Zul, pihaknya akan mengecek sejumlah syarat yang diajukan.

“Kita cross cek di lapangan, memastikan syarat yang diajukan sesuai dengan yang ditulis. Baru, setelah kita nyatakan semua tidak masalah, organisasi kemasyarakatan tersebut sudah kita input,” ujarnya. (sis)