Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Kalbar Gelar Event Sembilan Serentak di 25 Kota

Pontianak – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) akan digelar event “Sembilan” oleh cabang Kalbar pda Minggu (24/4).
“Sembilan disini kepanjangan dari Serentak Menyusui Bersama Ibu-ibu dan Laktivis Nasional”, ungkap Ketua AIMI Kalbar, Kartika Raharja di Pontianak.
Ibu yang akrab disapa Ika ini menjelaskan, HUT ke 9 AIMI adalah milik semua ibu Indonesia. HUT AIMI sebenarnya jatuh pada tanggal 21 April.
“Nah, 21 April itu dipilih sebagai hari kelahiran AIMI, karena tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kartini. Seorang perempuan, seorang ibu, yang telah memperjuangkan hak-haknya,” jelas Ika.
Oleh karena itu, lanjutnya, AIMI lahir untuk memperjuangkan hak ibu-ibu menyusui Indonesia. Perjuangan untuk bisa memberikan hak anak-anak yang dilahirkannya, yaitu untuk mendapatkan Air Susu Ibu (ASI).
“Tuhan telah menganugerahkan air susu dalam payudara ibu. Tapi adanya berbagai informasi yang tidak relevan, bahkan kadang menyesatkan yang membuat ASI menjadi sebuah pilihan, tidak lagi diperjuangkan sebagai hak,” jelas wanita asal Bogor tersebut.
Menurutnya, menyusui merupakan hal alamiah, namun pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan.  Seorang ibu butuh lingkungan positif, dukungan terhadap fisik dan mental yang letih setelah melahirkan.
“Untuk itulah AIMI hadir, dibangun secara sukarela oleh ibu-ibu yang sebagian mengalami kesulitan pada saat awal menyusui. Kami di sini, para sukarelawan yang bergabung menjadi mengurus AIMI, tak ingin ibu-ibu lain mengalami kesulitan yang sama. Kesedihan, kemarahan, kekecewaan karena sulitnya proses menyusui,” paparnya.
Lebih lanjut Kartika mengatakan selama sembilan tahun perjalanan AIMI untuk mengedukASI, niat teguh untuk menjadi sahabat para ibu dalam memberikan nutrisi terbaik, ASI.
“Karena menyusui lebih dari sekedar ASI, tapi untuk kelangsungan generasi penerus bangsa, Indonesia tercinta,”  tegasnya.
Event SEMBILAN (SErentak Menyusui Bersama Ibu dan Laktivis Nasional) sendiri akan dilaksanakan pada Minggu, 24 April 2016 pukul 06.30-08.30 WIB di Taman Digulis serta tidak dipungut bayaran. Aksi ini juga tidak hanya digelar di kota pontianak tapi juga dilaksanakan serentak di 25 kota di Indonesia. (Wati Susilawati)