Aktif Promosikan UMKM Lokal

Pontianak –¬†Walikota Pontianak, Sutarmidji menilai harus adanya inovasi yang dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar produk yang dihasilkannya bernilai jual dan dapat bersaing dengan produk lainnya di luar.

Sutarmidji mencontohkan seperti produk stik keladi, jangan hanya berfokus dengan tampilan dengan model panjang saja, namun juga harus bervariasi agar lebih menarik.

“Selain itu, berkaitan dengan rasa. Saya sarankan juga bervariasi dan selalu menjaga kualitas agar bisa dikenal oleh konsumen dari luar,” katanya.

Sebelumnya, Beni salah seorang pelaku UMKM Kota Pontianak meminta kepada Pemerintah Kota setempat agar lebih aktif lagi dalam membantu mereka mempromosikan produk UMKM ke luar daerah.

“Kami minta pemerintah lebih aktif lagi mempromosikan produk kita ke luar daerah, karena selama ini konsumen kami masih di sekitaran Kota Pontianak saja,” kata Beni.

Namun demikian, diakuinya peran pemerintah akhir-akhir ini sudah sangat membantu mereka dalam mempromosikan produk UMKM yang ada di Kota Pontianak ke luar daerah.

“Untuk tahun ini memang dorongan pemerintah itu sangat luar biasa, dimana mereka seringkali mengadakan kegiatan seperti ini. Karena dengan kegiatan ini secara langsung membantu dalam mempromosikan usaha kami ini,” ujarnya.

Terkait akses permodalan, dirinya pun mengakui tidak mengalami masalah.

“Karena pemerintah saat ini cukup mempermudah para pelaku UMKM dalam mendapatkan pinjaman, asalkan syarat-syarat lengkap, maka urusan mudah,” ucapnya. ¬†(Wati Susilawati)