Browse By

Anugerah Media Humas 2015

Pontianak – Satu lagi prestasi yang diukir Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak di tingkat nasional. Kali ini di bidang kehumasan, sebagai peserta terbaik III nasional bimbingan teknis (bimtek) Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas).

Penghargaan berupa trophy dan piagam yang ditandatangani Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, diterima Jemi Ibrahim, staf Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Pontianak pada malam Anugerah Media Humas (AMH) 2015 di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Rabu (18/11).

Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada peserta bimtek terbaik yang digelar Bakohumas sepanjang tahun 2015. Pada setiap bimtek yang digelar, seluruh peserta diberikan tugas, baik tulisan feature maupun siaran pers, dan dipilih satu peserta hasil tulisan terbaik. Dari keseluruhan peserta bimtek terbaik sepanjang tahun 2015, hasilnya terpilih tiga peserta terbaik yang berhak menerima penghargaan AMH 2015.

Jemi menuturkan, sebelumnya ia pernah mengikuti bimtek yang digelar Bakohumas beberapa waktu lalu di Semarang. Pada bimtek kala itu, peserta ditugaskan menulis feature bertemakan Revolusi Mental di instansi masing-masing.

Ia pun menulis feature berjudul Pontianak Tertib Aturan Di tangan Mantan Penjaja Koran, bercerita bagaimana sosok ketegasan Walikota Sutarmidji dalam menerapkan disiplin di segala aspek. Tulisannya pun terpilih sebagai tulisan terbaik pada bimtek kala itu, hingga akhirnya meraih penghargaan AMH sebagai peserta terbaik III.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi salah satu pemicu semangat kami untuk bekerja lebih baik lagi khususnya dalam menjalankan tugas kehumasan,” ujarnya.

Ia menambahkan, masih banyak yang harus ditingkatkan dalam menjalankan peran humas. Sebagaimana dikatakan Menkominfo, Rudiantara saat memberikan sambutan pada malam AMH, tantangan kehumasan ke depan jauh lebih berat karena disamping keterbatasan sumber daya manusia, perkembangan teknologi juga kian pesat, dari media cetak atau elektronik beralih ke online.

“Ini tantangan bagi seluruh Pranata Humas bagaimana meningkatkan kemampuan dalam mengkomunikasikan kebutuhan informasi bagi masyarakat,” tuturnya.

Saat ini, Kemenkominfo RI tengah gencar meningkatkan kemampuan kehumasan lembaga pemerintah. Tahun 2016 mendatang, Kemenkominfo akan menggelar pelatihan intensif bagi humas pemerintah dan juga membantu menempatkan tenaga humas pemerintah yang direkrut secara profesional. (sis)