Bangun Rasa Aman, Pemkot Perkuat Transportasi

Pontianak – Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pontianak, Uti Sri Lena, menyatakan WTN bertujuan untuk penyelenggaraan transportasi yang handal dan berkelanjutan, untuk memberikan rasa persamaan hak bagi pengguna jalan, kenyamanan serta kerjasama antara masyarakat dengan Pemkot secara berkelanjutan serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. “Misalnya kalau jalan rusak, itu kan tidak memberikan rasa aman dan nyaman. Makanya Pemkot gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan keselamatan bagi pengguna jalan,” katanya.

Terkait transportasi umum, terutama oplet, sebelumnya berjumlah 700-an, kini hanya tersisa 325 opelet yang masih beroperasi di wilayah Kota Pontianak. Untuk membangkitkan transportasi umum ini, pihaknya berencana mengarahkan opelet yang ada beralih untuk melayani antar jemput anak sekolah. “Dengan catatan, mereka harus berlabel resmi perusahaan sebab angkutan umum harus di bawah pengelolaan Perseroan Terbatas (PT) atau koperasi,” jelas Utin.

Ia berharap, kemajuan IT bisa membawa angin segar bagi pengaturan transportasi di Kota Pontianak. Pemanfaatan IT di bidang transportasi akan memberi dampak luas bagi masyarakat sebagai pengguna jalan. “Saya berharap pemanfaatan IT sudah bisa mengatur segala transportasi di Kota Pontianak untuk memberi rasa aman dan keselamatan bagi pengguna jalan,” ujarnya. (wti)