#bilingual : Man Moves Again

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Man Moves Again
(Seorang Pria Bergerak Kembali)

Bill Kochevar was paralysed below his shoulders in a cycling accident eight years ago, but now with the help of new technology, he can move his right arm and hand again. There are electrodes under his skull to record the activity of brain neurons to generate signals, which tell another device to stimulate the muscles in his paralysed limb.
(Bill Kochevar terkena kelumpuhan di bawah pundaknya saat kecelakaan sepeda 8 tahun lalu, namun sekarang dengan bantuan teknologi baru, dia dapat menggerakan lengan dan tangan kanannya kembali. Ada elektroda di bawah tengkoraknya untuk merekam aktivitas syaraf otak demi menghasilkan sinyal, yang mana memerintahkan perlatan lainnya untuk menstimulus otot otot di lengannya yang lumpuh)

People believe that the 56-year-old is the first person with quadriplegia to have this done, and the university in Ohio that is doing the research has shown the whole world that it is possible to reconnect the brain and make an arm move again.
(Orang-orang yakin bahwa pria berusia 56 tahun ini adalah orang pertama dengan kelumpuhan 4 otot lengan sekaligus yang melakukan ini, dan univeristas di Ohio yang melakukan penelitian ini, sudah menunjukkan ke seluruh dunia bahwa ini sangat memungkinkan untuk menghubungkan kembali otak dan membuat lengan bergerak kembali)