#bilingual : Radioactive Water in Florida

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Radioactive Water in Florida
Air Teradiasi Radioaktif di Florida

A huge sinkhole opened up six months ago at a plant, which takes phosphate rock and converts it into fertiliser, in Florida. A company is in the process of filling the sinkhole, but the sinkhole has swallowed 980,000 cubic metres of radioactive water.
Sebuah lubang raksasa yang besar terbuka 6 bulan yang lalu di sebuah tempat perindustrian, yang mebawa batu fosfat dan mengubahnya menjadi pupuk, di Florida. Sebuah perusahaan sedang dalam proses mengisi lubang raksasa itu, namun lubang tersebut seudah menelan 980.000 meter kubik air beradioaktif.

People say that they are praying that the radioactive water that went into the hole does not reach them. One elderly resident said that she does not drink or cook with the water, and she uses bottled water altogether.
Orang-orang berkata bahwa mereka berdoa agar air radioaktif yang masuk ke dalam lubang tidak sampai ke mereka. Seorang penghuni lanjut usuia mengatakan bahwa dia tidak minum maupun masak dengan air itu, dan dia menggunakan air kemasan untuk smeua keperluan.

The Mosaic Company which runs the plant says that tests show that the contaminated water has not left its property. The state ordered the company to keep testing the wells every quarter of this year and twice in 2018.
Perusahaan Mosaic yang menjalankan industry iyu berkata bahwa pengujian menunjukkan bahwa air yang terkontaminasi belum menghilang. Negara memerintahkan perusahaan tersebut untuk menguji sumur setiap seginya setahun ini dan dua kali di tahun 2018.