#bilingual : Stolen Violin Returns

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Stolen Violin Returns
Biola yang Dicuri telah Kembali

A violin called the Ames Stradivarius, is one of about 550 violins to exist by Antonin Stradivari. He is the world’s renowned violin maker. He made the violin in 1734, and it is probably worth millions of dollars.
(Sebuah Biola bermerek Ames Stradivarius, adalah satu dari 550 biola yang dibuat oleh Antonin Stradivari. Dia adalah seorang pengrajin biola yang termahsyur. Dia membuat biola pada tahun 1734, dan ini mungkin bisa berharga jutaan dolar)

The violin was stolen in 1980 from musician Roman Totenberg. The presumed thief was a journeyman violinist named Philip Johnson. Decades later, he showed his ex-wife a locked violin case. In 2015, she took the violin for an appraisal and learned what it was. The Totenberg family received the violin back.
(Biola itu dicuri pada tahun 1980 dari seorang musisi bernama Roman Totenberg. Pencuri yang dicurigai merupakan seorang pemain biola pengelana bernama Philip Johnson. Puluhan tahun kemudian, dia menunjukkan sebuah pembungkus biola yang terkunci kepada mantan istrinya. Di tahun 2015, sang wanita tersebut membawa biola itu untuk ditaksir harganya dan mencari tau pakah benda ini. Keluarga Totenberg akhirnya menerima biola itu kembali)

The violin was in good shape, but it had been repaired unusually because Philip could not have taken it to a professional, as he might have been caught. The family started a meticulous restoration that took over a year.
(Biola tersebut masih dalam kondisi baik, namun sudah diperbaiki dengan cara yang tak biasa karena Philip tidak bisa membawanya kepada ahlinya, takut tertangkap tangan. Keluarga tersebut mulai melakukan restorasi secara teliti yang bisa menghabis waktu setahun)