Browse By

BIOSKOP – Ayat-ayat Cinta 2

Bila kamu sempat bertanya-tanya kenapa dalam satu dasawarsa terakhir ini menjadi lazim di bioskop adanya film-film asmara dengan konteks islam yang kuat, posternya memasang paras wanita berjilbab (kadang bercadar), berjudul seputar “surga” atau “cinta”, lalu kisahnya meminjam set luar negeri, maka ada pengaruh Ayat-Ayat Cinta di sana.

Lebih dari film. Bila kamu juga sempat bertanya-tanya kenapa dalam satu dasawarsa terakhir ini di Indonesia mulai lebih jamak wanita muslim mengenakan kerudung, silih berganti muncul mode busana muslim terbaru, banyak ulama seleb naik daun, lalu atribut islam merebak di layar kaca dan tempat hiburan–remaja millenial pasti merasakan transisinya–sedikit banyak juga ada pengaruh Ayat-Ayat Cinta di sana.

Film Ayat-Ayat Cinta yang fenomenal usai rilis di tahun 2008 berhasil menangkap semangat pos-islamisasi itu, sekaligus mempromosikan nilai-nilai di dalamnya ke jutaan penonton. Menurut Ariel Heryanto dalam buku Identitas dan Kenikmatan, film yang diangkat dari novel milik Habiburrahman El Shirazy ini menampilkan representasi kawula muda muslim yang selain mengejar ketakwaan juga mengangankan pendidikan, gengsi, dan kecanggihan budaya. “Pertama kalinya di layar lebar, mereka menemukan representasi diri mereka, atau setidaknya citra seseorang yang mereka idamkan atau dambakan,” yakni sosok yang saleh tapi tetap mengusung gaya hidup modern.

Dari departemen akting, Ayat Ayat Cinta 2 diisi pemain-pemain yang punya nama, dengan jam terbang yang tidak usah diragukan lagi. Walaupun dari sederet nama yang terlibat, hanya Tatjana Saphira, berperan sebagai Hulya, yang kualitas aktingnya ada peningkatan. Dari segi sinematografi, Yudi Datau bekerja dengan sangat baik. Dia berhasil menangkap keindahan alam Edinburgh.

Sayang, dari segi penggarapan cerita, film Ayat Ayat Cinta 2 ini seperti tak masuk akal. Menurut saya, penggambaran akan sosok Fahri ini kelewat sempurna. Sampai-sampai saya harus mencubit pipi sendiri begitu melihat sosok Fahri yang begitu baik. Kekecewaan lain dari film Ayat Ayat Cinta 2 ini adalah ketidakmunculan sahabat-sahabat Fahri di zaman susah dulu; Saiful (Oka Antara) dan Rudi (Dennis Adhiswara). Yang muncul malah Misbah (Arie Untung), sahabat Fahri yang tidak digambarkan dengan jelas asal usulnya.

Menonton atau tidak itu adalah keputusan anda, semoga jika film ini berlanjut. Film ini lebih didekatkan dengan dunia nyata juga.