Browse By

BIOSKOP – Jumanji: Welcome to the Jungle

Ini film apa ya? Itu pertanyaan saya diawal film ini muncul. Perasaan mau menonton masih 50 -50. kalau cuman reboot, apa bagusnya? Di TV sepertinya sudah lebih dari 10 x ditayangkan. Pasti bosan dong. Film reboot dari Jumanji (1995) ini membawa sebuah permainan lama dengan cita rasa baru yang jauh berbeda. Begitu kabar yang membuat saya bersemangat untuk menonton kembali.

Dilihat dari line-up pemainnya, Jumanji: Welcome to the Jungle sudah dipastikan menawarkan unsur komedi kuat. Dwayne “The Rock” Johnson, Kevin Hart, dan Jack Black adalah tiga nama yang tak pernah lepas dari film-film komedi dengan drama ringan. Hal itu kembali dibuktikan dengan kehadiran mereka dalam Jumanji terbaru.

Boardgame atau permainan papan Jumanji mungkin dirasa sudah usang jika harus kembali diterapkan dalam film baru ini. Maka dari itu, sutradara Jake Kasdan mengganti permainannya menjadi sebuah permainan digital atau lebih tepatnya dengan menggunakan Nintendo. Sayangnya, cara mereka untuk menggiring penonton menerima pemikiran di atas terasa terlalu memaksa dan kurang keren. Selain tiga nama di atas, Jumanji juga menghadirkan Karen Gillan sebagai salah satu tokoh utamanya. The Rock, Kevin Hart, Jack Black, dan Karen menjadi empat karakter di dalam permainan yang siap untuk dimainkan.

Kekuatan utama dari film Jumanji: Welcome to the Jungle justru terdapat dalam komedinya. Dialog-dialog lucu dipastikan akan selalu berhasil mengocok perut penonton dengan tawa lepas. Apalagi ketika semua bersangkutan dengan perbedaan karakter salah satu tokoh di dalam dan luar permainan. Jack Black patut mendapat acungan jempol karena berhasil menjadi ‘wanita’ seutuhnya selama memerankan Bethany. Semua gerak-gerik Jack Black dalam film ini benar-benar menunjukkan bahwa ia adalah seorang komedian sejati yang hebat. Jumanji: Welcome to the Jungle merupakan sebuah film yang seru untuk dinikmati di libur Natal tahun ini. Namun, film ini tidak begitu banyak memunculkan unsur nostalgia di dalamnya. Penghormatan untuk mendiang Robin Williams, seperti apa yang dikatakan The Rock dalam setiap wawancaranya, pun rasanya kurang begitu terasa menyentuh. Sebuah nilai minus dari film reboot Jumanji yang sudah memiliki banyak pasar.

Film ini juga didukung penampilan Nick Jonas dan Bobby Cannavale. Walau tak begitu mendapatkan banyak dialog, Nick melengkapi cerita dengan ketampanannya. Sementara Bobby tampil bengis dan gothic sebagai pemburu John Van Pelt. Dalam film Jumanji (1995), sosok Van Pelt diperankan oleh Jonathan Hyde.

Jumanji Welcome to the Jungle setidaknya berhasil meracik ulang karya klasik dengan bumbu kekinian dan para cast yang ciamik. Bisa dibilang film ini adalah pembaharuan yang menghibur.