BPJS Bayar Rp 500 M ke RS

Warta Volare Edisi 16 Februari 2015

Pontianak – Tercatat, sepanjang tahun 2014 lalu, BPJS Kesehatan Kalbar menggelontorkan anggaran Rp 500 Miliar untuk membayar klaim sejumlah rumah sakit (RS) mitranya.

Menurut Kepala BPJS Kota Pontianak, Untung Patri Wicaksono, jumlah tersebut digunakan untuk pertanggungan pelayanan kesehatan pesien BPJS, baik biaya pelayanan untuk Tingkat pertama hingga tingkat lanjut.

“Kan ada jenjangnya, dari mulai puskesmas, dokter keluarga hingga rumah sakit,” katanya kepada sejumlah wartawa di DPRD Kota Pontianak, Senin (16/2).

Dijelaskannya,  BPJS sebagai pelaksana jaminan kesehatan nasional ini sudah menyiapkan fasilitas yang berjenjang tidak memfokuskan di rumah sakit tipe B.

“Kita rancang sedemikian rupa agar semua tingkatan bisa menikmati BPJS ini. Semuanya tersistem, tidak berfokus dalam rumah sakit saja tapi pemerataan distribusi pasien dengan mekenisme rujukan berjenjang,” paparnya.

Distribusi pasien kata dia ditingkatan pertama telah disiapkan sebanyak 155 diagnosa.

“Kita ingin, sebelum dirujuk ke rumah sakit tipe B mereka mendapatkan pelayanan di puskesmas, dokter keluaraga dulu. Biar semuanya mereta, sehingga rumah sakit tidak penuh dan mereka yang jauh pun bisa dilayani di pelayanan kesehatan terdekat,” jelasnya. (sis)