Buat Pontianak Nyaman dalam Keberagaman

Pontianak – Menyikapi beberapa kejadian akhir-akhir ini,  Walikota Pontianak, Sutarmidji mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk tetap menjaga iklim yang kondusif di Kota Pontianak. Ia meminta semua pihak menghormati proses hukum apapun yang sedang berjalan untuk semua hal. Dirinya berharap, kejadian di Samarinda dan Singkawang, tidak terjadi di Pontianak.

“Kita berharap apa yang sudah kita bangun untuk Kota Pontianak bisa kita jaga sama-sama untuk kenyamanan bersama. Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, mari kita menjaga iklim yang kondusif, aman, nyaman dan tertib di kota tercinta ini,” ujarnya di ruang kerja, Selasa (15/11).

Sutarmidji yakin, masyarakat Pontianak bisa tetap menjaga iklim yang kondusif, iklim yang toleransi, saling menghormati antar etnis dan umat beragama. Ia berpesan, semua pihak menghindari kesalahpahaman yang berkaitan dengan etnis maupun agama.

Sarannya, siapapun tidak bicara tentang agama yang dianut orang lain. Biarkan masing-masing pemeluk agamanya yang tahu dan menjalankan ajaran agamanya sesuai dengan kitab suci agama itu masing-masing.

“Mari kita jaga Pontianak, mari kita buat Pontianak tetap nyaman di dalam keberagaman,” pesannya.

Menurut orang nomor satu di Kota Pontianak ini, sikap toleransi dan menjaga kebersamaan itu penting dalam masyarakat yang majemuk seperti di Kota Pontianak ini. Jangan sampai orang yang tidak terkait langsung, orang yang tidak tahu menahu tentang hal yang terjadi, justru mereka terkena imbasnya.

“Saya berharap rasa toleransi, kebersamaan dan saling menghormati antara satu etnis dengan etnis yang lain dan antara satu penganut agama dengan agama yang lain perlu mendapat perhatian kita bersama,” ucapnya. (Wati Susilawati)