Browse By

Bus Rapid Jawaban Akses Publik Pontianak

Pontianak РKepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kota Pontianak, Utin Srilena, meminta masyarakat Kota Pontianak memanfaatkan keberadaan bus rapid  sebagai sarana untuk fasilitas publik warga yang ekonomis.

“Ini menjadi kebanggan bagi kita, sebagai alternatif layanan publik transportasi di tengah minimnya sarana untuk warga, ini menjadi jawabannya. Ini menjadi dilema kita mamun saat ini bus rapid sudah ada tingal masyarakat bisa memanfatkan keberadaan bus tersebut,” ujarnya.

Pelayanan sarana transportasi merupakan bagian dari program Dinas Perhubungan Kota Pontianak.

“Dalam menunjang bus rapid itu sarana utama adalah adanya halte bus karena nantinya bus rapid ini hanya akan berhenti di kawasan yang ada haltenya. Sata ini juga pemerintah akan menambah umlah halte bus untuk pemaksimalan ruang gerak bus rapid ini,” paparnya.

Pihaknya pun tengah memaksimakan keteraturan transportasi dengan berkomitmen menjadi Kota Pontianak sebagai kota yang tertib lalu lintas dan nyaman dalam menikmati layanan bus rapi tersebut.

“Pastinya supaya bus rapid berjalan lancar koordiansi dengan kepolisian kita lakukan, tinggal nanti akan ada pengaturan untuk mempermudah berjalannya bus rapid sampai tujuan, karena penumpang bus rapid kita prediksi banyak anak-anak sekolah,” terangnya.

Utin mengungkapakn, adanya bus rapid ini adalah bagian dari upaya pemerintah memberikan kemudahan bagi warga, mengingat salah satu indikator suatu kota maju adalah memiliki akses publik yang baik.

“Kota Pontianak mengarah kepada sebuah kota yang maju, program pemerintah seperti smart city maupun program lainnya seperti bus rapid ini pastinya membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik, nah itu yang tengah pemerintah siapkan agar semua bisa berjalan lancar,” katanya.¬† (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap hari Senin – Jum’at pukul 12.00 dan 16.00 di Volare 103.4 FM