Browse By

Christian McBride

Lahir dan dibesarkan di Philadelphia, Christian McBride adalah salah satu bassis penting dalam musik jazz dan telah menjadi “leader” pada beberapa band. Christian pernah bermain bersama Sonny Rollins, Pat Metheny dan Herbie Hancock. Nama-nama besar lain seperti Sting, Queen Latifah, James Brown, Chaka Khan, Sonos Quartet, Paul McCartney, Celine Dion pernah mengajak Christian untuk bekerja sama.

Christian juga menjadi host program radio, Jazz Night in America.

Bass milik Ray Brown

Christian dan John Clayton pernah membentuk grup bersama Ray Brown bernama SuperBass, bahkan merilis dua CD bersama. Ray menganggap Christian dan John sebagai anak, sehingga setelah ia meninggal dunia pada 2002, isteri Ray, Cecilia Brown meminta mereka untuk mengambil dua dari tiga bass yang pernah dimainkan Ray.

Bass Christian saat itu ia jual dan ia mainkan beberapa kali. Suatu ketika, isteri Ray, Cecilia kembali menghubunginya dan memintanya untuk menyerahkan bass Ray padanya ke museum Smithsonian berdasarkan permintaan museum. Sebagai gantinya, Cecilia menyerahkan pada Christian bass Ray satunya lagi yang telah ia pakai dan mainkan lebih dari 30 tahun. Setelah mendapatkannya, Christian mengaku ia memainkan bass tersebut nyaris tanpa henti selama lebih dari tiga bulan.

Latar belakang keluarga

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sepertinya tepat menggambarkan Christian McBride. Keluarga besarnya adalah musisi, terlebih ayahnya yang juga seorang bassis. Ayahnya, Lee Smith dan kakek buyutnya, Howard Cooper adalah bassis profesional.

Sejak Christian kecil, ayahnya pernah bekerja sama dengan grup soul hebat di Philadelphia, seperti the Delfonics, Blue Magic, Major Harris dan Billy Paul.

Christian senang dengan koleksi album rekaman Motown. James Brown sering ia sebut sebagai “musical muse”.

Tertarik dengan bass

Penampilan ayahnya bersama perkusionis, Mango Santamaria pada 1977-1981 yang membuatnya tertarik untuk memainkan bass. Meski sudah kerap menonton ayahnya sejak kecil, tapi penampilan tersebut yang paling meninggalkan kesan untuknya

Ibunya membelikannya bass elektrik pertama sebagai hadiah natal saat ia berusia 9 tahun. Lagu pertama yang ia coba mainkan dengan hadiah tersebut adalah “Papa Was A Rolling Stone”. Ia kemudian meminta contoh lagu lain dari ayahnya, dan berikutnya ia memainkan lagu milik Hall and Oates, “I Can’t Go For That”.

Serius belajar

Karena melihat Christian sangat antusias dan serius dalam bermusik, ibunya memasukkannya ke sekolah musik untuk mendapat pelatihan formal. Ia bersekolah di George Wharton Pepper Middle School di Philadelphia. Sekolah ini memiliki program musik terbaik di Philadelphia.

Tahukah, bahwa Christian justru memilih alat musik trombone untuk dimainkan saat gladiresik orkestra. Ia ingin seperti Fred Wesley yang memainkan solo trombone di seluruh rekaman James Brown. Meski sekuat tenaga ia mencoba, nyatanya ia sulit memainkan trombone.

Oleh instruktur instrumen brass, Kevin Rogers, memintanya untuk memilih instrumen lain, seperti bass akustik. Christian memainkan bass line lagu “Beat It” milik Michael Jackson dan berhasil membuat instruktur dan pengajarnya kagum. Ia mengaku heran karena menurutnya, tidak ada hal besar karena bass line yang ia mainkan hanyalah berdasarkan apa yang didengarnya.

Belajar banyak dari kakek buyutnnya

Setelah mulai serius belajar bass akustik, kakek buyutnya yang menurutnya paling menyukai jazz di keluarganya, mengajaknya untuk mendengarkan musik milik Mingus, Ray Brown, Paul Chambers, Percy Heath, Jimmy Garson, Jimmie Blanton, Scott LaFaro, Dave Holland. Mereka bahkan bisa mendengarkannya selama berjam-jam dan semakin membuat Christian tertarik mendalami musik jazz.

Christian kemudian melanjutkan studi di Julliard di tahun 1989 dan mulai bergabung dengan band Bobby Watson, Benny Golson, Roy Hargrove dan Freddie Hubbard. Saat di Julliard ia pernah memainkan double bass.

Di usia 17 tahun ia bergabung dengan grup saksofonis Bobby Watson. Dari usia 17-22 tahun ia telah bermain dengan musisi yang usianya jauh diatas Christian.

Mengadakan tur dengan Benny Green Trio, duet bersama Ray Brown pada Festival Jazz Monterey 1994 dan merekam album debutnya sebagai leader untuk Verve sebelum tur grupnya sendiri pada 1995.

Christian juga dikenal dengan permainan musiknya yang menggabungkan pop, funk dan fusion. Pendekatan tersebut ia lakukan untuk album Sci-Fi dan Vertical Vision.

Di tahun 2015, Christian merilis Live at the Village Vanguard.

(sumber)
(sumber)