Browse By

Darat Sekip Wakili Pontianak Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Pontianak –┬áKelurahan Darat Sekip akan mewakili Kota Pontianak pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian diungkapkan Walikota setempat, Sutarmidji. Ia berharap, Kelurahan Darat Sekip bisa menjadi pemenang pada lomba tingkat kelurahan tingkat provinsi, karena memang banyak sekali inovasi-inovasi yang dibuat jajaran Kelurahan Darat Sekip.

“Misalnya layanan e-warga,” kata Sutarmidji.

Ia menjelaskan, layanan e-warga merupakan andalan inovasi Kelurahan Darat Sekip, karena cukup hanya hitungan menit, urusan administrasi di kelurahan bisa selesai, sehingga lebih efisien dan cepat.

“Komposisi jajaran Kantor Lurah Darat Sekip yang hanya berjumlah sembilan orang kelurahan yang dipimpin oleh Petrus Friyadi, mampu menelurkan inovasi-inovasi serta memberikan pelayanan yang baik,” ujarnya.

Sutarmidji menambahkan, dirinya berkeinginan Kelurahan Darat Sekip cukup diisi hanya tujuh orang pegawai. “Di sini kami akan menjadikan kelurahan itu percontohan sebagai wadah membangun citra bahwa Aparatur Sipil Negara itu kerjanya efektif, dan efisien,” ungkapnya.

Dipilihnya Petrus sebagai lurah yang masih berusia muda bukan tanpa alasan. Ia ingin menguji dan membuktikan bahwa lurah dari kalangan generasi muda juga mampu memimpin stafnya dalam tata kelola pemerintahan di kelurahan.

Sementara itu, Lurah Darat Sekip, Petrus Friyadi (28) mengatakan, dirinya berkeinginan warga di kelurahannya tidak hanya peduli soal isu-isu lingkungan, sosial dan lain sebagainya, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah pemanfaatan IT.

Untuk itu, pihaknya terus mendorong masyarakat di Kelurahan Darat Sekip senantiasi memanfaatkan IT untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, karena dirinya akan menjadikan Kelurahan Darat Sekip itu terdepan dalam pemanfaatan IT.

Terkait kesiapan kelurahan yang dipimpinnya dalam menghadapi lomba kelurahan tingkat provinsi, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah jauh sebelum ditetapkannya Kelurahan Darat Sekip sebagai kelurahan yang mewakili Kota Pontianak.

Beberapa inovasi yang sudah dilakukan diantaranya website Darat Sekip, Beringin Gang Hijau, yakni kegiatan penghijauan yang tidak hanya memberikan nilai estetika namun juga memberi nilai tambah bagi masyarakat.

“Mereka bisa menjual tanamannya sehingga menambah pendapatan bagi masyarakat, kami juga ada Posyandu Rumah Toga,” katanya. (Wati Susilawati)