Dekati Setiap Kelurahan 

Pontianak – Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Hermundi, mengungkapkan guna merealisasikan target 100 persen warga Pontianak mengantongi akta lahir, pihaknya melakukan berbagai upaya seperti pendekatan kepada kelurahan-kelurahan terkait pelaksanaan pelayanan secara bersama seperti pelayanan jemput bola.

Selain itu, Disdukcapil juga siap melayani RT-RT yang menghendaki dibukanya pelayanan akta lahir di lingkungannya. Pelayanan jemput bola seperti yang telah beberapa kali digelar dalam rangka percepatan-percepatan supaya warga Pontianak seluruhnya memiliki akta lahir.

Ia mengimbau, kepada masyarakat Pontianak, agar tidak lagi memiliki pemikiran bahwa saat akta lahir itu dibutuhkan, baru mau mengurusnya. Pola pikir masyarakat seperti itu sekarang agar hilangkan sebab setiap orang yang lahir harus memiliki akta lahir,” katanya.

Seperti yang diunghkapkan walikota kata dia, seluruh anak di Kota Pontianak wajib memiliki akta lahir, dan ditargetkan akhir tahun 2016 semuanya sudah memiliki akta lahir.

Ia meminta kecamatan dan kelurahan menyisir warganya masing-masing, agar tidak ada lagi anak yang belum memiliki akta lahir.

Pihaknya pun saat ini sedang mengintegrasikan data SIAK dengan manual terkait pendataan warga Pontianak yang sudah memiliki akta lahir.

“Sekarang kami sedang melaksanakan integrasi data itu, bagaimana mengsinkronkan antara data yang manual dengan data yang ada di database,” ucapnya. (Wati Susilawati)