Didik Kepsek untuk Managerial

Warta Volare Edisi 16 Februari 2015

Pontianak – Peningkatan sumber daya manusia (SDM), terutama dalam perubahan kurikulum dilakukan untuk perbaikan kualitas pendidikan.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Kota Pontianak Herman Hoffi Munawar, Senin (16/2).

“Ini menjadi prioritas guna pembenahan sumber daya manusianya, terutama guru dan kepala sekolah (kepsek) sebagai managerial di sekolah,” paparnya.

Ia mengungkapkan, selama ini guru dan kepala sekolah belum mendapat pembinaan yang baik oleh Dinas Pendidikan.

“Untuk itu kita menyambut baik rencana Dinas Pendidikan yang akan melatih guru dan kepala sekolah agar tangkas dalam urusan managerial sekolah. Pelatihan ini lebih kongrit dan ini memang yang dibutuhkan mereka,” paparnya.

Guru kata dia, bereperan aktif dalam mendidik siswa. Jika guru memiliki kualitas yang standar, tentu, pola pendidikan yang diajarkan akan standar juga.

“Namun, jika guru memiliki kualitas yang baik, saya yakin sistem yang diajarkan kepada siswa akan baik pula. Baik dalam internal dan eksternal siswa. Baik pelajaran dan ahlak serta budi pekertinya,” terang Herman.

Sementara untuk kepala sekolah dituntut memiliki jiwa kepemimpinan dan managerial yang baik.

“Dengan harapan, kepala sekolah akan tahu sistem apa yang tepat yang digunakan untuk memperbaiki kualitas sekolahnya,” ungkap dia.

Herman berujar, saat ini Kota Pontianak membutuhkan SDM, baik guru maupun kepala sekolah yang tahu apa yang harus diperbuatnya untuk kemajuan sekolah dan pendidikan ke depan anak didik.

“Dulu mungkin guru dan kepala sekolah tidak kreatif dan lebih banyak diam dalam hal kemajuan siswa. Namun, dengan era teknologi seperti sekarang, mau tidak mau SDM pendidikan kita harus berkompetisi,” ucapnya. (sis)