Disperindag Ingin Cetak Usahawan Muda

Warta Volare Edisi 19 Maret 2015

Pontianak – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pontianak akan memaksimalkan pelatihan kerajinan untuk masyarakat.

“Untuk menunjang kualitas masyarakat dan menunjang produk usaha kecil menengah, maka kita buat berbagai kerjainan, baik kerajinan untuk sektor pariwisata hingga kerajinan tangan,” kata Kepala Disperindag Kota Pontianak, Utin Srilena, Kamis (19/3).

Pihaknya pun memfokuskan pengembangan usaha kreatif perempuan dan juga pemuda.

“Kita tanamkan agar mereka punya sikap pengusaha, bukan pegawai yang saat ini marak dikejar,” terangnya.

Untuk memaksimalkan itu, pihaknya menggelar sosialisasi di setiap sekolah-sekolah, terutama bagaimana menanamkan sejak dini pemikiran wiraswasta.

“Jadi, kita ingin mereka menciptakan lapangan tenaga kerja. Bukan sebaliknya mereka yang mencari kerja. Ini yang ingin kita ubah pemikiran para pelajar. Akan sangat baik jika, banyak pemuda yang menjadi pengusaha di usia muda,” terangnya.

Saat ini, jumlah usaha kecil menengah di usia muda masih sedikit. Padahal, di negara berkembang bahkan negara maju, banyak pengusaha masih berusia muda.

“Kita ingin menciptakan pengusaha muda yang andal dan bisa membanggakan. Pemerintah pastinya akan terbantu jika lapangan pekerjaan banyak diciptakan sehingga tidak harus menjadi pegawai baru bisa mapan,” ujar Utin. (sis)