Browse By

Don’t Just Go Through The Motions

•#howtosayit : Go Through the Motions
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘GO THROUGH THE MOTIONS’. Cara pengucapannya ‘GO THROUGH THE MOTIONS’ /goʊ//θruː//ðə//ˈməʊ.ʃ ə ns/. Kata ‘GO’ yang ejaannya G-O artinya adalah “pergi”. Kata ‘THROUGH’ yang ejaannya T-H-R-O-U-G-H artinya adalah “siap atau selesai atau melalui”. Dan kata ‘MOTIONS’ yang ejaannya M-O-T-I-O-N-S artinya adalah “gerak”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘GO THROUGH THE MOTIONS’ memiliki arti “Melakukan sesuatu secara tidak ikhlas atau asal-asalan saja / melakukan sesuatu karena kita diharapkan untuk berbuat begitu bukan karena keinginan sendiri”.

Untuk lebih jelas, mari kita simak contohnya:
1.    People who are unhappy in the work place usually would just go through the motion in doing their job.
       (Orang yang tidak senang di tempat kerja biasanya tidak ikhlas atau asal-asal saja melakukan tugasnya)
2.    In the beginning we were very much in love, we spend a lot of time together. But now after three years, I get the   feeling that my girlfriend is just going through the motions.
      (Semula kami sangat saling mencintai, kami sering menghabiskan waktu bersama. Tetapi setelah tiga tahun, aku merasa pacarku bersamaku hanya karena memang sudah begitulah seharusnya, bukan karena cinta)
3.    Jane isn’t doing her best. She’s just going through the motions.
       (Jane tidak melakukan usaha yang terbaik. Dia melakukan apa yang sebenarnya bukan keinginannya)
4.    Bill was supposed to be raking the yard, but he was just going through the motions.
       (Bill seharusnya menggaruk lapangan, tapi dia melakukannya dengan asal-asalan saja)

•#idiom : Cry Someone A River / Cry Me A River
Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.
Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘CRY ME A RIVER ’. Cara pengucapannya ‘CRY ME A RIVER’ /kraɪ/ /mɪ/ /ə/ /ˈrɪv.ə r /. Kata ‘CRY’ yang ejaannya C-R-Y artinya adalah “menangis”. Kata ‘RIVER’ yang ejaannya R-I-V-E-R artinya adalah “sungai”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘CRY ME A RIVER’ memiliki arti yang tidak diartikan secara harfiah “menangis sejadi-jadinya layaknya meneteskan air mata sebanyak air di sungai atau bisa juga diartikan tidak perduli atau meminta simpati”. Orang menggunakan idiom ini untuk mengungkapkan rasa simpati yang kurang sopan. Biasanya idiom ini digunakan untuk mengejek seseorang atas kesedihan atau peristiwa yang ia miliki.

Untuk lebih jelas, mari kita simak contohnya:
1.    The boy said he was upset that he didn’t win his baseball game. His mom said, “Cry me a river!.
       (Anak itu berkata bahwa ia sedih karena tidah memenangkan pertandingan baseball. Ibunya berkata, “Malangnya nasibmu, menangislah!”
2.    Elis    : I had a terrible holiday, First I had to fly coach instead of first class. Then when I got to the hotel, there were no rooms with a hot tub left.
   (Hari liburan ku sangatlah buruk. Pertama aku harus terbang dengan kelas ekonomi, bukan kelas utama. Kemudianketika aku pergi ke hotel, tidak ada lagi kamar yang memiliki pemandian air panas yang tersisa)
      Fidya    : Oh, Cry me a river. First, the airport lost my luggage, then I was robbed and I had to sleep in the park next to a smelly homeless man.
      (Malangnya nasibmu, menangislah! Pertama, aku kehilangan tas di bandara, kemudian aku di rampok dan harus tidur di taman di dekat seorang gelandangan yang bau)
3. Fidya  : My cars broken down and I’m poor and I lost my job and my wife left me and when she left, she ran over my dog.
       (Mobilku rusak, aku jatuh miskin, aku kehilangan pekerjaan, dan isitriku meninggalkanku, dan ketika ia pergi, ia membawa anjingku bersamanya)
       Elis    : Cry me a river buddy, cry me a river.
       (Malangnya nasibmu, menangislah, menangislah!)

•#bilingual : Pedoman Baru Untuk Mengurangi Obesitas
Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare bersumber dari BBC.

New Guidelines to Cut Obesity
The World Health Organization has issued new guidelines to cut obesity, halving its previously recommended level of sugar consumption.
The WHO says sugar should now only make up of 5% of person’s energy intake.
It admits this will prove a difficult level to reach in many Western countries, where sugar often accounts for up to 15% of the daily source of energy.
Experts say most people don’t realize just how much refined sugar is added to processed food.
The WHO points out that naturally occurring sugar in fruit and vegetables don’t count towards the new guideline.

Pedoman Baru Untuk Mengurangi Obesitas
Badan Kesehatan Dunia sudah mengeluarkan pedoman baru untuk mengurangi obesitas, setengah dari tingkat konsumsi gula yang disarankan sebelumnya.
WHO mengatakan gula sebaiknya sekarang hanya menyumbang sampai 5% dari asupan energy seseorang.
Diakui bahwa hal itu akan terbukti sebagai tingkat yang sulit dicapai di banyak Negara-negara Barat, di tempat gula sering terhitung sampai 15% dari sumber energy harian.
Para ahli mengatakan sebagian besar orang tidak menyadari seberapa banyak gula halus yang ditambahkan ke makanan olahan.
WHO menunjukkan bahwa gula yang ada secara alami di buah dan sayur tidak terhitung dalam pedoman baru ini.

•#FunSizeFact : SLANG
Bujang Dare, di Fun Size Fact kita akan berbagi info tentang fakta yang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Fun Size Fact akan membantu Bujang Dare untuk memahami penggunaan kata-kata, budaya, dan cara berkomunikasi yang lebih baik dalam berbahasa Inggris.
Hari ini kita akan membahas tentang SLANG

1st Fact    : What is SLANG?
Slang adalah ragam bahasa tidak resmi dan belum baku yang sifatnya musiman. Biasanya digunakan oleh kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi internal agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti. Slang diciptakan dari perubahan bentuk pesan linguistic tanpa mengubah isinya untuk penyembunyian atau kejenakaan. Slang merupakan transformasi sebagian dari suatu bahasa menurut pola-pola tertentu. Slang berbeda dengan bahasa yang tidak formal, karena slang lebih menekankan kepada bahasa pada suatu komunitas.

2nd Fact    : Why SLANG is used?
1.    Digunakan hanya untuk senang-senang atau ingin terlihat lebih pintar.
2.    Orang menggunakan SLANg agar terlihat berbeda.
3.    Banyak orang menggunakannya sebagai jati diri bahwa mereka tergolong dalam suatu kelompok tertentu, atau ingin terlihat lebih ramah.
4.    Sebagai bahasa yang digunakan secra rahasia pada kelompok-kelompok tertentu.

3rd Fact    : Examples of SLANG
Black Slang
–    Gangsta : Gangster
–    Bling : Perhiasan, menggunakan banyak accessories
–    Hood : Tetangga atau biasa ditujukan sebagai daerah miskin.
–    Aight : Bentuk singkat dari All right
–    Crib : Rumah
–    Playa : Seseorang yang mengencani banyak wanita di wakti yang sama.

•#riddle
Bujang Dare, sekarang saatnya kita melatih kemampuan kosa kata dan Pengetahuan kita dalam berbahasa Inggris dengan Riddle. Riddle dalam bahasa Indonesia berarti teka-teki. Riddle bisa juga dikatakan sebagai bentuk puisi sederhana yang menggambarkan tentang sesuatu namun tidak secara langsung menyebutkan namanya dan membuat orang menjadi tertarik untuk menebaknya.
Riddle atau teka-teki untuk hari ini adalah:

When you have me, You feel like sharing me
But, If you do share me, then you won’t have me
What am I?

Artinya : Ketika kau memilikiku, kau ingin membagiku dengan orang lain. Tapi setelah kau membagikannya, kau tidak akan memilikiku lagi. Apakah aku?
Answer : A Secret (Rahasia)