DPRD Tangerang Selatan Tertarik Inovasi Pemkot

Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menerima kunjungan kerja dari DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Rombongan diterima Walikota Pontianak, Sutarmidji di ruang kerjanya, Selasa (24/5). Kunjungan ini dalam rangka studi banding terkait capaian-capaian pembangunan yang telah dilakukan Pemkot.

Menurut Sutarmidji, kunjungan DPRD Kota Tangsel untuk menggali informasi terutama inovasi-inovasi dalam percepatan pembangunan.

“Mereka tertarik sebab Kota Pontianak meskipun dengan anggaran yang terbatas namun bisa menata infrastruktur dengan baik,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, APBD Kota Pontianak tahun 2016 ini senilai Rp 1,6 triliun dengan belanja langsung 40 persen dari APBD. Kendati anggaran terbatas, pembangunan infrastruktur di Kota Pontianak sudah cukup baik. Beberapa inovasi yang menarik perhatian DRPD Tangsel adalah adanya rumah sakit tanpa kelas yang dibangun Pemkot, pelebaran jalan tanpa ganti rugi karena partisipasi masyarakat dan lain sebagainya.

“Mereka ingin mengadopsi apa yang telah kita lakukan,” ungkapnya.

Selain itu, lembaga legislatif dari Kota Tangsel juga tertarik terkait bagaimana paritisipasi legislatif Kota Pontianak mengimplementasikan atau memperjuangkan aspirasi dari konstituennya.

“Misalnya, jalan lingkungan, kalau Dewan ingin memperjuangkan jalan lingkungan, harus didaftarkan dan masuk dalam Musrenbang. Kita sampaikan seperti itu supaya ada harmoniasi antara DPRD dengan Pemkot,” pungkasnya. (Wati Susilawati)