Browse By

Eliane Elias

Eliane Elias, pianis, vokalis dan komposer kelahiran Sao Paolo, 19 Maret 1960 dan sekarang menetap di New York.

Mantan personil dari Steps Ahead, ensembel jazz, terus melakukan eksplorasi musik untuk rekaman solonya dan penampilannya sejak pertengahan 80an. Pada 1993, ia menjadi satu dari sedikit artis yang merilis album jazz dan klasik secara simultan.

Berasal dari keluarga pemusik, ibunya, Lucy, memainkan piano klasik dan sangat menyukai musik jazz. Terdapat piano di rumahnya, dan menurut Eliane tidak banyak rumah di Brazil yang memiliki piano. Saat usia tujuh tahun ia belajar piano di Free Center of Music Apprenticeship, di Sao Paolo. Ia cepat menangkap, bahkan bisa menuliskan not dari apa yang ia dengar, satu kesempatan ia mendengarkan rekaman jazz dari Oscar Peterson sampai Bud Powell, ia kemudian menulis setiap not dan memainkannya. Ia melanjutkan belajar permainan teknik klasik bersama Amilton Godoy dan Amaral Vieira.

Sejak remaja sudah sering tampil di klub-klub jazz. Ia pernah tur selama tiga tahun dengan penyair Brazil Vinicius de Moraes dan penyanyi-penulis lagu Toquinho. Saat tur ke Eropa di tahun 1981 ia bertemu dengan bassist jazz Eddie Gomez yang membuatnya berani untuk pindah ke New York. Eliane datang setahun berikutnya dan belajar privat dengan Olegna Fuschi di Julliard School of Music. Selain ajakan Eddie Gomez, alasannya pindah ke New York adalah karena tidak banyak tempat atau pertunjukan di Brazil untuk pianis. Brazil lebih sering mengadakan pertunjukan yang didominasi dengan instrumen gitar.

Karir profesionalnya dimulai saat ia diminta untuk bergabung dengan Steps Ahead, supergrup jazz yang beranggotakan Michael Brecker, Peter Erskine, Mike Manieri dan Eddie Gomez. Bersama Steps Ahead, ia menghasilkan satu album di tahun 1983. Setelah keluar dari Steps Ahead, ia berkolaborasi dengan pemain terompet, Randy Brecker, suami pertamanya. Dua album mereka dirilis pada 1985 dan diberi judul dengan nama anak perempuan mereka, Amanda.

Tahun-tahun berikutnya ia menjadi bandleader. Ia mengadakan tur dengan tiga trio berbeda, satu bersama drummer Jack DeJohnette dan bassis Eddie Gomez dan trio lainnya bersama drummer Erskine dan bassis dan suaminya sekarang, Marc Johson. Trio ketiga bersama Marc Johnson pada bass dan Satoshi Takeishi pada drum.

Bergabung dengan Blue Note di 1989 dan merilis debutnya, So Far So Close (1989). Hampir semua rekamannya merupakan instrumen. Eliane baru mengisi vokal di album Eliane Elias Plays Jobim (1990). Album Solos and Duets (1995) disebut sebagai duet brilian bersama Herbie Hancock. Dari sekian album yang dirilisnya pada era 90an, album Impulsive (2000) memberi banyak kejutan dalam karirnya, dimana ia berkolaborasi dengan konduktor dan arranger seperti Bob Brookmeyer dengan Danish Radio Jazz Orchestra.

Bergabung dengan Bluebird di tahun 2002 dan merilis Kissed by Nature (2002) dan Dreamer (2004). Album terakhirnya bersama Bluebird dirilis tahun 2006, Around the City, ia mengcover lagu milik Santana, Bob Marley sampai Beck.

Ia adalah instrumentalist wanita pertama yang menjadi cover majalah Downbeat dan medapat lima nominasi Grammy. Bergabung dengan Blue Note Records di awal karirnya dan sekarang bersama Concords. Albumnya yang ditujukan sebagai tribute untuk Chet Baker, I Thought About You, menjadi album keempat di tangga album Billboard Jazz.

Made in Brazil, adalah album pertamanya yang dikerjakan di Brazil, album ini memenangkan Grammy 2016 untuk Best Latin Jazz Album. Dengan lebih dari 20 album yang pernah dirilisnya, penghargaan Grammy menjadi penantian panjang bagi Eliane.

(sumber)
(sumber)
(sumber)