Enrico Rava

Pemain terompet populer seperti Enrico Rava telah membawa musik jazz Italia ke dunia internasional ini lahir di Trieste, Italia pada 1939.

Awalnya ia bermain trombone Dixieland di Turin, Italia, tapi setelah mendengarkan Miles Davis, ia lebih tertarik untuk memainkan instrumen lain dan membawa gaya yang lebih modern, terompet jadi pilihannya.

Semakin mendalami permainan terompet setelah pertemuannya dengan Gato Barbieri, dimana mereka membentuk kuintet dan mengerjakan soundtrack film di tahun 1962, dan Chet Baker.

Ia menjadi bagian dari tim ekspatriat South African, Louis Maholo dan John Dyani, mengerjakan “The Forest and the Zoo” langsung di Argentina.

Pada era 1970an dan 1980an ia bekerja sama dengan Pat Metheny, Michel Petrucciani, John Abercrombie, Joe Henderson, Richard Galliano, Miroslav Vitous, Andrea Centazzo, Joe Lovanno, Gil Evans dan Cecil Taylor.

Setelah pindah ke kota New York, ia bermain bersama Roswell Rudd, Marion Brown, Rashied Ali, Cecil Taylor dan Charlie Haden. Sempat kembali ke Eropa untuk mengerjakan rekaman bersama Lee Konitz dan Manfred Schoof. Dari 1969-1976 ia kembali ke New York dan mengerjakan “Escalator Over the Hill” bersama Carla Bley’s Jazz Composer’s Orchersta.

Baru memulai debut sebagai leader dalam album “Il Giro del Giorno in 80 Mondi”, ia mulai menjadi leader untuk kuartet dan kuintet yang ia bentuk.

Ia telah terlibat dalam 100 rekaman dan 30 diantaranya sebagai leader.

Oleh label ECM, beberapa rekamannya di tahun 1970an dirilis kembali seperti, “The Pilgrim and the Stars”, “The Plot” dan “Enrico Rava Quartet”. Label Soul Note dan Label Bleu merilis beberapa CD karya inovatifnya dalam Electric Five (meski dalam kenyataannya, beranggotakan enam orang, sebagaimana biasanya Enrico yang sering tidak menyertakan diri dalam grup). Electic Five menghadirkan dua pemain gitar elektrik.

Membentuk kuintet baru bersama musisi muda berbakat seperti Gianluca Petrella, Stefano Bollani, Rosario Bonaccorso dan Roberto Gatto di tahun 2001. Mereka mengadakan tur bersama Roswell Rudd dan Gato Barbieri, merilis “Easy Living” (2004). Stefano Bollani memilih jalur sebagai pemain solo, dan posisinya digantkan oleh Andrea Pozza. Album “The Words and the Days” dirilis kemudian.

Bersama peniup terompet lainnya, Paolo Fresu, Enrico merekam satu seri yang terdiri dari empat CD dan dipengaruhi oleh Bix Beiderbecke, Louis Armstrong, Chet Baker dan Miles Davis, dalam seri berjudul Bix, Pop, Shades of Chet, Play Miles Davis.

Di tahun 2001, ia membentuk kuintet baru bersama pianis Stefano Bollani dan mengadakan tur bersama Gato Barbieri dan Aldo Romano.

Ia juga membentuk trio, Europeans, dimana ia bermain bersama pemain bass asal Jerman, Eberhard Weber dan pemain perkusi asal Swiss, Reto Weber.

Meski lebih banyak menguasai permainan bebop jazz, Enrico juga menguasai permainan avant-garde jazz. Gaya bermain musiknya mengingatkan banyak orang dengan Kenny Wheeler sekalipun harmonisasi Enrico lebih sederhana.

Secara mengejutkan, pemain terompet ini baru mulai menyenangi musik pop sejak meninggalnya Michael Jackson, bahkan ia menjadi obsesi dengan musik pop. Sebuah album ia dedikasikan untuk Michael yang telah berkontribusi besar dalam sejarah musik di abad ke-20. Album ini dikerjakan bersama Parco della Musica Jazz Lab di Rome Auditorium, dan semua materi yang dikerjakan merupakan materi milik Michael Jackson.

(sumber)
(sumber)