Fokus Artis Minggu Ini (21 – 28 Mei 2016)

Corinne Bailey Rae. Bernama lengkap Corinne Jacqueline Bailey ini sudah akrab dengan musik dan menyanyi sejak kecil dan aktif menyanyi di gereja. Tiga album sudah yang dirilis oleh penyanyi-penulis lagu asal Leeds, Inggris ini. Corinne Bailey Rae (2006), The Sea (2010) dan The Heart Speaks in Whisper (2016).

Pemenang BBC Sound of 2006, menjadi penyanyi wanita keempat yang album pertamanya debut di posisi pertama. Memenangkan Grammy Awards di 2012 kategori Best R&B Performance untuk lagu “Is This Love” dari album kedua yang juga dinominasikan Mercury Music Prize sebagai Album of the Year. Memenangkan 2 Mobo Awards.

Musik ia anggap sebagai terapi setelah kematian suaminya, Jason Rae, di 2008 akibat overdosis. Saat itu terjadi, Corinne sudah mengerjakan setengah album keduanya, The Sea, dan memutuskan untuk menghentikan sementara pengerjaannya. Beberapa lagunya adalah curahan hatinya bagaimana ia menghadapi kepergian suaminya. Berbeda dengan album pertama, proses rekaman melibatkan penampilan “live band” di album kedua.

Sebelum berkarir solo, Corinne membentuk band indie, Helen, terinspirasi dari band Veruca Salt dan L7. Mereka tampil di sekitar Leeds, sayangnya tidak menarik perhatian label UK. Label Roadrunner Records dari Amerika Serikat mengajak mereka bergabung namun band ini memutuskan bubar sebelum kesepakatan terjadi. Ia mulai fokus dengan karir solo dan sebagai langkah awal, ia berkolaborasi dengan grup Funk Leeds, New Mastersounds dan Homecut Directive.

The Heart Speaks in Whisper rilis 13 Mei 2016, Corinne berkolaborasi dengan banyak musisi hebat seperti, Paris Strother dan Amber Strother dari grup Soul KING, Esperanza Spalding, Moses Sumney, Valerie Simpson, bassis Pino Paladino dan Marcus Miller, dan drummer legendaris yang pernah bekerja sama dengan Marvin Gaye, James Godson.

Discography

Corinne Bailey Rae (2006)
The Sea (2010)
The Heart Speaks in Whispers (2016)