Browse By

Fokus Bina Kerajinan Kelengkang

Warta Volare Edisi 31 Maret 2015

Pontianak – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pontianak memprioritaskan kerajinan kain sulam kelengkang yang sudah mulai terlupakan.

“Kita banyak memiliki kegiatan pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat. Dari kegiatan itu, kita sangat fokus dengan kerajinan kelengkang itu karena kelengkang merupakan khas kota kita,” kata Kepala Disperindag Kota Pontianak, Utin Srilena, belum lama ini.

Pemberdayan ini pun kata dia, melibatkan tidak hanya kaum perempuan yang dididik untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana membuat kerajinan kelengkang ini tetapi Disperindag Kota Pontianak juga melibatkan anak muda.

“Tentu dengan keterlibatan anak muda ini kita berharap, mereka lebih tertarik dan mau menekuni kerajinan kelengkang ini,” ujarnya.

Jika anak muda bisa menjadikan kerajinan kelengkang ini sebagai ajang bisnis, maka tidak menutup kemungkinan kerajinan kelengkang akan menjadi primadona lokal.

“Dalam menghadapi pasar Asia yang sudah dibuka ini, mau tidak mau kita harus bersaing karena kran impor sudah sangat leluasa dibuka. Kelengkang bisa menjadi andala kita, mengingat keunikan kelengkang hanya ada di Kota Pontianak saja,” paparnya.

Bentuk kerajinan pun nantinya bisa dikemas semenarik mungkin, mengingat kreasi kelengkang ini bisa sangat menarik jika berbentuk unik.

Dijelaskannya, jumlah perajin yang menekuni kerajinan kelengkang sangat terbatas, sehingga pihaknya memandang perlu untuk mengadakan pelatihan ini agar kerajinan kelengkang ini tidak punah serta memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta.

“Diharapkan pelatihan ini dapat membantu perekonomian keluarga karena kerajinan kelengkang ini prospeknya cukup bagus dan banyak digunakan masyarakat untuk acara resepsi pernikahan dan lainnya,” ungkap Utin. (sis)