Browse By

Forum Kerukunan Umat Beragama Diminta Berperan Intensif

Pontianak – Walikota Pontianak Sutarmidji, meminta kepada para ulama dan tokoh-tokoh agama, diminta hendaknya terus memberikan pemahaman yang mudah dicerna dan dipahami para penganut agama mereka masing-masing. Sebab bila tidak, maka akan terjadi kesalahpahaman dan menyebabkan gesekan-gesekan antar pemeluk agama.

Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan perlu secara intensif melakukan pertemuan untuk membahas langkah-langkah apa yang perlu mereka lakukan dan apa yang perlu didiskusikan.

“Tidak hanya pada tataran elit, masyarakat juga harus diberikan pemahaman supaya tetap bisa menjaga iklim yang kondusif,” ungkap Sutarmidji.

Ia mengajak semua kalangan termasuk pihak yang tergabung dalam FKUB, bisa menyikapi hal-hal yang terjadi di lapangan. Masing-masing pihak hendaknya memberikan pencerahan kepada anggota atau umatnya. Melalui silaturrahmi yang digelar ini, Sutarmidji berharap semua pihak berkomitmen menjaga kondusifitas di Kota Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya.

“Intinya, semua semangat untuk menjaga iklim yang kondusif dan itu menjadi satu tekad kita bersama,” ungkapnya.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Iwan Imam Susilo meminta, permasalahan tersebut di Pontianak tidak dikembang-kembangkan ke hal-hal lain.

Ia mengungkapkan, Pontianak menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Baik itu antar umat beragama, antar berbagai kebhinnekaan dan perbedaan, itu yang harus kita jaga. Kami berharap dukungan dari para tokoh agama yang hadir di sini,” ucapnya. (Wati Susilawati)