Fotis Mini (12 – 19 November 2016)

Rumahsakit, band asal Jakarta. Dibentuk pada 1994 oleh Andri “Lemes” Ashari (vokal), Mark Najoan (gitar), Shendy “Sadam” Adam (bass), Dion Rahardian (gitar) dan Avianto Gorry (drum). Lagu pertama mereka berjudul “Datang” menjadi nomor satu tangga lagu indie radio Prambors Jakarta.

Seluruh personil band Rumahsakit bersekolah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Asal tahu aja Bujang Dare, satu angkatan dengan band IKJ lainnya, seperti Naif dan Plastik. Band yang mendapat pengaruh musik British Pop ini memiliki empat album, Rumahsakit (1998), Nol Derajat (2000), 1+2 – baca : satu plus dua (2012), +imeless – baca : timeless (2015).

Rumahsakit awalnya dibentuk hanya untuk tampil di atas panggung semasa kuliah. Tahukah Bujang Dare, ada dua nama band yang sama dengan mereka, Rumah Sakit dari Amerika Serikat dan Rusak singkatan Rumah Sakit dari Jawa Timur. Untuk membedakannya, nama band ini ditulis tanpa spasi.

Rumahsakit memutuskan bubar di 2004 dengan alasan kesibukan pekerjaan masing-masing. Delapan tahun setelahnya mereka kembali reuni. Tidak sekedar reuni, mereka merilis album 1+2 (baca satu plus dua) tepat pada 12 Desember 2012. “Bernyanyi Menunggu” dirilis sebagai single gratis yang diunduh di situs resmi mereka dan Rolling Stone Indonesia.

Rumahsakit harus ditinggalkan ketiga personilnya Andri “Lemes” Ashari, Dion Rahardian dan Avianto Gorry yang mengundurkan diri. Posisi mereka diganti dengan Muhammad Arief (vokal), Mickey Najoan (keyboard) dan Fadli Wardana (drum). Album +imeless dirilis sebagai bukti bahwa rumahsakit mampu menjaga eksistensi diri setelah berganti personil.

Terbaru dari Rumahsakit yang merilis single “The Journey Starts Tonight” dalam format kaset pada 8 Oktober yang lalu. Single ini punya cerita tentang hidup yang berubah sejak bertemu seseorang yang menggugah hati dan perasaan hingga ingin menghabiskan waktu bersama. Bujang Dare mengalaminya sekarang?