Browse By

Fotis Mini (16 – 23 April 2016)

The 1975. Bertemu di sekolah yang sama, Matthew Healy (vokal, gitar), Adam Hann (gitar), Ross McDonald (bass) dan George Daniel (drums) membentuk band saat remaja di 2002. Merilis 4 EP, “Facedown”, “Sex”, “Music for Cars” dan “IV”. Album pertama, “The 1975”, dirilis September 2013 dan album kedua, “I Like It When You Sleep, for You So Beautiful Yet So Unware Of It” dirilis 26 Februari 2016.

Awalnya tampil di klub lokal dan menyanyikan lagu band lain, kemudian menulis lagu sendiri. Oleh manajer mereka, Jamie Osborne, memutuskan merilis lagu yang mereka buat dalam EP, Jamie yakin bahwa the 1975 akan menjadi band
besar. Keempat EP tersebut dirilis 2012-2013 dimana mereka mengumpulkan basis penggemar lebih luas.

Sebelum memakai “The 1975” band asal Machester ini gonta-ganti nama sebanyak sembilan kali, seperti “Me and You Versus Them”, “Talkhouse”, “The Slowdown”sampai “Drive Like I Do”. Mengambil dari buku kumpulan puisi oleh Jack Kerouac yang tertulis “1st June. The 1975”.

Album self titled, dirilis September 2013, diproduseri mereka dan Mike Crossey (Arctic Monkeys, Foals dan Jake Bugg). Hanya meraih peringkat album ke-23 di UK dan ke-28 di Amerika Serikat, apakah Bujang Dare tahu kalau album ini oleh laman wikipedia memiliki sembilan genre berbeda.

Band yang pernah ditolak oleh label rekaman di London ini memiliki jadwal tur panjang dan melelahkan, dalam setahun mereka pernah tampil pada 195 pertunjukan di 29 negara. Rihanna pernah mengajak the 1975 untuk ikut turnya namun ditolak karena terbentur jadwal tur yang padat.

Secara tiba-tiba menonaktifkan akun media sosial band dan tiap personil sehingga banyak yang beranggapan mereka bubar. Dalam situs mereka sebelum dinonaktifkan, terdapat strip komik dengan headline “Is This the End for The 1975?”. Ini hanya berlangsung selama 24 jam saja, dan seluruh akun media sosial kembali diaktifkan dan mereka mengumumkan album kedua.

Menjadi album nomor satu di UK dan Amerika Serikat untuk album kedua mereka. Ini adalah raihan pertama mereka dan menyamai yang pernah didapat David Bowie, Adele, Muse sampai Florence + The Machine, sama-sama menjadi album nomor satu di dua negara. Album kedua ini juga punya judul yang panjang dengan durasi 74 menit, cukup lama untuk album.

Single ketiga yang dirilis dari album kedua, The Sound, the 1975 berikan untuk para haters. Beberapa komentar buruk mengenai mereka seperti “Is This A Joke?”, “Do People Really Still Make Music Like This” dan lain-lain ditampilkan dalam video klip yang disutradarai Tim Mattia ini. Penasaran?