Fotis Mini (21 – 28 November 2015)

The Radio Dept. adalah band asal Lund, Swedia. Namanya diambil dari nama SPBU yang berubah fungsi menjadi toko elektronik reparasi radio, “Radioavdelningen”, dalam bahasa Inggris The Radio Department. Awal mulanya terbentuk di tahun 1995 oleh Elin Almered dan Johan Duncansson. Kemudian rehat dan baru di tahun 1998, Duncansson bersama Martin Larsson kembali membentuk The Radio Dept. Formasi band dilengkapi Lisa Carlberg (bass), Per Blomgren (drum) dan Daniel Tjader (keyboard).

Mereka mengirim demo lagu Why Won’t You Talk About It ke majalah musik di Swedia, Sonic Magazine dan berhasil masuk di tahun 2002. Dan juga berhasil mendapatkan kontrak dengan label rekaman indie terbesar di Swedia, Labrador Records.

Album debut Lesser Matters dirilis pertama di Swedia di tahun 2003, sukses di Swedia dan internasional, salah satunya diakui oleh majalah NME dimana album debut mereka masuk dalam Top 50 Albums of 2004, di peringkat kesembilan.

Tiga lagu dalam album mini Pulling Our Weight, ditampilkan dalam film Marie Antoinette yang disutradarai oleh Sofia Coppola, diantaranya Keen on Boys, Pulling Our Weight dan I Dont Like It Like This.

Setelah ditinggal drummer Per Blomgren dan bassis mereka Lisa Carlberg, mereka memilih untuk tidak merekrut pemain pengganti, dan menggunakan drum machine di album-album mereka selanjutnya.

Pet Grief, album kedua di tahun 2006 dengan musik yang dipengaruhi oleh Pet Shop Boys. Mereka menolak melangsungkan tur album kedua dan konsekuensinya album merekapun hanya sedikit menerima perhatian. Meskipun demikian, justru bermunculan fan base yang berkembang pesat di seluruh dunia berkat kemudahan akses internet. Di album ini, mereka hanya bertiga, Johan Duncanson, Martin Larsson & Daniel Tjader. Album ketiga, Clinging to A Scheme, mengalami penundaan karena jadwal tur ke Asia, personil band yang tinggal di tiga kota berbeda, berkeluarga, dan lainnya. Akhirnya, album ketiga, Clinging To A Scheme dirilis pada 2010.

Mereka tidak ingin mengerjakan album bersama produser, mereka bahkan menginginkan album yang nanti dirilis tanpa interfensi dari pihak manapun (maksudnya produser). Itulah kenapa mereka tetap memilih jalur indie, karena semua keputusan mengenai album dan sebagainya diputuskan oleh band dan bukan dari pihak lain.

Sama seperti musisi indie lainnya yang memang tidak hanya mengandalkan musik untuk kehidupan mereka, Johan Duncansson dan Martin Larsson sehari-harinya bekerja di institusi kesehatan.

Penampilan langsung dari TRD terbilang sangat cepat, penampilan mereka di Festival Propaganda, Stockholm tahun 2008 atau di Glasgow sebagai artis pendukung dari tur Saint Etienne tahun 2010 hanya berlangsung selama 20 menit saja. TRD juga terbilang jarang berbicara dengan audiens sepanjang mereka tampil. Mereka memang lebih senang dengan segala sesuatu yang lebih singkat, baik itu durasi album, lagu, EPs sampai pertunjukan langsung.

Di akhir tahun 2014 mulai kembali produktif, September 2014 merilis single, Death to Facism, Juni 2015, merilis EP Occupied. Akhir September 2015, merilis single terbaru, This Repeated Sodomy. Meski bukan materi dari album terbaru mereka nantinya dan juga sudah memastikan bahwa sedang mengerjakan album terbaru. Seperti apa dan kapan rilisnya? Kita tunggu sama-sama ya.

Discography


Lesser Matters (2003)


Pet Grief (2006)


Clinging to a Scheme (2010)